Pasar Kembali Ramai di Tengah Corona, Begini Reaksi Jokowi

Selasa, 19 Mei 2020 - 13:15 WIB
loading...
Pasar Kembali Ramai di Tengah Corona, Begini Reaksi Jokowi
Presiden Jokowi meminta petugas di pasar untuk selalu mengingatkan masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pasar tradisional kembali ramai menjelang Hari Raya Idul Fitri. Calon pembeli memadati pasar untuk mencari bahan kebutuhan pokok dan kebutuhn lainnya untuk merayakan Lebaran.

Kondisi ini memprihatinkan, apalagi pemerintah telah jauh-jauh hari mengimbau agar masyarakat melakukan physical distancing dan memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB ) untuk menghindari penularan virus Corona (Covid-19).

Kondisi ini menjadi sorotan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas. “Saya melihat pasar-pasar tradisional saat ini sudah mulai ramai karena banyak masyarakat yang belanja dalam rangka persiapan hari raya,” tutur Jokowi saat membuka rapat terbatas, Selasa (19/5/2020).

Menyikapi situasi tersebut, mantan Wali Kota Solo itu meminta jajaran di bawahnya untuk menegakkan protokol kesehatan. Petugas di pasar juga diminta selalu mengingatkan masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan.

“Saya ingin ini dipastikan ada pengaturan jarak yang baik, memakai masker. Petugas di lapangan betul-betul bekerja untuk mengingatkan mengenai protokol kesehatan secara terus-menerus,” ujarnya.

Menurut dia, kunci keberhasilan pengendalian penyebaran Covid-19 adalah kedisiplinan. ( )

Kedisiplinan itu berupa perilaku sering mencuci tangan, jaga jarak aman, memakai masker dan menghindari kerumunan-kerumunan keramaian atau konsentrasi massa.

“Saya minta protokol kesehatan betul-betul dipastikan di lapangan terutama menjelang Idul Fitri dan pada saat nanti Idul Fitri,” tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8069 seconds (0.1#10.140)