Mbah Bisanto Kenang Sosok Ganjar yang Pernah Kos di Rumahnya sejak SMA sampai Kuliah

Minggu, 07 Maret 2021 - 21:33 WIB
loading...
Mbah Bisanto Kenang Sosok Ganjar yang Pernah Kos di Rumahnya sejak SMA sampai Kuliah
Gubernur Ganjar Pranowo bersama putranya saat berkunjung ke rumah yang pernah ditempatinya semasa SMA hingga kuliah di Jogja.
A A A
YOGYAKARTA - Mbah Bisanto (64) dan istrinya Sumaryanti tak mengira bakal kedatangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Keduanya tampak terpaku saat Ganjar tiba di depan rumahnya, di daerah Sorosutan Umbulharjo Yogyakarta, Minggu (7/3/2021).

Mbah Bisanto dan istrinya seolah tak percaya, orang yang ada di hadapannya adalah Ganjar Pranowo. Ingatan keduanya langsung kembali ke puluhan tahun silam, saat Ganjar masih tinggal bersama mereka di rumah sederhana itu.

Yah, Mbah Bisanto dan Sumaryanti adalah pemilik rumah yang dulu ditempati Ganjar selama ia belajar di Yogya sejak SMA sampai kuliah. Di sudut ruangan kecil berukuran 3x2 yang sekarang berubah menjadi gudang itu, ada sejarah seorang anak kampung asal Purworejo yang kini menjadi orang nomor satu di Jawa Tengah.

"Ya Allah, ngimpi opo aku om Ga (panggilan akrab ke Ganjar). Ayo mlebu (mari masuk)," kata Sumaryanti menyapa Ganjar sambil berkaca.

Tak berapa lama, ketiganya terlibat obrolan yang sangat gayeng. Kenangan-kenangan zaman dulu langsung mencuat saat pertemuan itu terjadi. Apalagi, saat Ganjar melihat kamar yang dulu ia tempati.

Ganjar yang mengajak putra semata wayangnya, Muhammad Zinedine Alam Ganjar nampak senyum-senyum sendiri mendengar cerita-cerita tempo dulu dari mbah Bisanto dan istrinya itu. Kepada Alam yang juga baru masuk di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun ini, Ganjar juga menunjukkan kamar yang dulu ia tempati.

"Dulu itu kamar ayah, masih sama persis tidak berubah. Hanya dulu tidak dicat, sekarang sudah dicat," kata Ganjar menunjukkan. "Mas Alam kosnya di mana? Kalau belum dapat kos, tinggal di sini saja," kata Sumaryanti.

Selain kamar kos berukuran 2x3 meter yang masih berdiri sampai saat ini, kenangan Mbah Bisanto dan Sumaryanti pada sosok Ganjar masih sangat membekas. Keduanya ingat betul kehidupan Ganjar muda saat tinggal di rumahnya hampir sekitar empat tahun. Sosok Ganjar muda menurut keduanya, adalah anak yang nerimo dan prihatin.

Hampir setiap hari, Ganjar jalan kaki dari tempat kos-kosannya sampai ke jalan raya yang jaraknya sekitar 1,5 km. Dari jalan raya, Ganjar melanjutkan dengan naik angkutan umum ke sekolah atau ke kampusnya.

"Anaknya baik sekali, saya ngalem (memuji) bukan karena sekarang jadi Gubernur, tapi memang anaknya dari dulu prihatin tenan. Anaknya nerimo, jadi kalau mau berangkat kuliah jalan kaki dari rumah, terus naik colt kampus (angkutan kampus). Nrimo lan prihatin sekali anaknya," ujar Mbah Bisanto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)