7 Organisasi Sayap Demokrat Tegaskan Tolak KLB dan Moeldoko

Kamis, 25 Februari 2021 - 19:47 WIB
loading...
7 Organisasi Sayap Demokrat Tegaskan Tolak KLB dan Moeldoko
Tujuh organisasi sayap Partai Demokrat melakukan deklarasi penolakan terhadap KLB dan juga pencalonan KSP Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. FOTO/SINDOnews/KISWONDARI
A A A
JAKARTA - Tujuh organisasi sayap Partai Demokrat melakukan deklarasi penolakan terhadap Kongres Luar Biasa (KLB) dan juga pencalonan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat (Ketum PD). Organisasi sayap ini tetap mendukung kepemimpinan Ketum Partai Demokrat yang sah, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Deklarasi dukungan diikuti oleh Komite Nasional Partai Demokrat (KNPD), Forum Komunikasi Pendiri & Deklarator Partai Demokrat (FKPD), Perempuan Demokrat RI (PDRI), Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI), Bintang Muda Indonesia (BMI), Forum Komunikasi Kaderisasi Generasi Demokrat (FKKGD) dan Angkatan Muda Penggerak Demokrat AMPD.

"Ini teman-teman dari organisasi sayap Partai Demokrat secara spontan tadi langsung diinisiasi oleh Kepala Pembinaan Jaringan dan Konstituen, saudara Zulfikar Hamonangan, melakukan komunikasi, konsolidasi dan koordinasi terkait adanya pertemuan atau press conference yang dilakukan oleh beberapa orsap PD tadi siang di Bellagio, Jakarta Selatan," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PD Renanda Bachtar di Kantor DPP Partai Demokrat, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Namanya Disebut SBY, Moeldoko: Memang Belum Selesai di Demokrat?

"Yang intinya menyatakan bahwa mereka meragukan kepemimpinan AHY dan kemudian ingin mengusung sebuah KLB yang didukung oleh sejumlah mantan kader dan ingin menggantikan Ketum AHY yang sah, dengan bapak KSP Moeldoko," katanya.

Renanda mengatakan, teman-teman di organisasi sayap Partai Demokrat sangat terkejut dan ingin memberikan pernyataan sikap untuk merespons pertemuan siang tadi yang dilakukan oleh sekitar dua organisasi sayap Partai Demokrat lainnya.

"Ini tidak semua orsap hadir karena agak mendadak waktunya, tapi yang hadir cukup banyak dari orsap PD dan saya rasa kita tidak ada pernyataan sikap bersama. Tapi, saya ingin memberikan kesempatan pada masing-masing ketum orsap untuk merespons dan memberikan pernyataan sikap terkait sejumlah orsap PD yang sekali lagi pada siang tadi melakukan prescon," ujarnya.

Baca juga: SBY Akui Masih Ada Pergerakan untuk Kudeta Partai Demokrat

Sekjen PDRI, Listi Sumarto menegaskan bahwa segenap Perempuan Demokrat RI yang didirikan pada 21 April 2005 menyatakan menolak rencana KLB. "Kami Perempuan Demokrat Republik Indonesia yang didirikan 21 April 2005, kami segenap pengurus PDRI menyatakan sikap menolak rencana klb yang dilakukan oleh ketua orsap lain dan kami PDRI tetap mendukung kepemimpinan mas AHY," kata Listi.

Wakil Sekjen (Wasekjen) IMDI, Budi Kosasih menyesalkan teman-teman orsap lain yang merencanakan KLB, karena hasil kesepakatan menyatakan mendukung kepemimpinan Ketum AHY. "Nah, yang saya sangat aneh temen-temen ini mau mendukung salah satu calon ketum dilakukan oleh kader Demokrat bapak Moeldoko. Nah ini aneh karena kalau mau lihat elektabilitas juga aduh, jauh, bagaimana caranya mereka itu mencalonkan dia sebagai ketum," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)