Tegaskan Setia ke AHY, Kader Demokrat Ini Siap Lawan Upaya Makar

Rabu, 24 Februari 2021 - 17:15 WIB
loading...
Tegaskan Setia ke AHY, Kader Demokrat Ini Siap Lawan Upaya Makar
Kader Partai Demokrat, Ongku P Hasibuan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Isu adanya gerakan untuk mendorong kongres luar biasa (KLB) oleh pendiri dan mantan kader senior Partai Demokrat berembus kencang.

Isu itu muncul menyusul langkah Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang membongkar adanya upaya kudeta terhadapnya. Demokrat membeberkan upaya itu dilakukan oleh mantan kader, kader yang sudah lama tidak aktif dan seorang pejabat di lingkaran Istana.

Menanggapi dinamika tersebut, kader Partai Demokrat Sumatera Utara, Ongku P Hasibuan menyoroti adanya upaya makar yang dinilainya dilakukan segelintir kader Demokrat yang masih aktif dan kader partai non-aktif yang juga melibatkan pihak eksternal Partai Demokrat.

"Kami sebagai anggota/kader Partai Demokrat dengan tegas menyatakan sangat prihatin dan kecewa atas upaya 'inkonstitusional' tersebut," kata Ongku yang pernah menjabat Bupati Tapanuli Selatan periode 2005-2010 ini dalam siaran persnya yang diterima SINDOnews, Rabu (24/2/2021).

Dia mengatakan, kongres luar biasa (KLB) memang tidak bertentangan dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai, namun jika sampai melibatkan pihak luar dalam upaya menggalang kekuatan di dalam jajaran partai untuk menggulingkan kepengurusan yang sah maka termasuk perbuatan sangat tercela.

"Sehingga dapat dikategorikan sebagai suatu bentuk penghianatan terhadap partai. Alih -alih berjuang bersama membangun kembali kejayaan partai, para pelaku 'rencana makar' beserta pihak eksternal, malah berencana menggembosi partai, sehingga menimbulkan kegaduhan di internal partai," katanya.



Untuk itu, Ongku sebagai salah seorang aggota/kader Partai Demokrat, yang juga salah seorang Pengurus DPP Partai Demokrat Masa Bakti 2011-2015 menegaskan mendukung dan setia pada Kepengurusan Partai Demokrat Masa Bakti 2020-2025 yang sah sesuai hasil Kongres V tanggal 15 Maret 2020 di bawah Kemimpinan AHY.

Dia mengutuk keras dan bertekad melawan setiap upaya pengkhianatan, makar, dan gerakan inkonstitusional lainnya yang tidak sesuai dengan AD/ART dan kode etik Partai Demokrat.

"Bertekad untuk tetap solid menjaga persatuan di bawah panji Partai Demokrat, dan berjuang bersama untuk membesarkan dan mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono dalam upaya memenangkan Partai Demokrat pada Pemilu 2024," katanya.

Ongku meminta Mahkamah Partai, Dewan Kehormatan, serta Majelis Tinggi Partai Demokrat untuk mengambil tindakan tegas terhadap kader yang berencana makar sesuai dengan ketentuan yang diatur di dalam AD/ART serta kode etik Partai Demokrat.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)