Jokowi di Kalsel: Kalau Tak Mau Kena Banjir Lagi, Segera Rehabilitasi DAS Besar-besaran

Kamis, 18 Februari 2021 - 12:52 WIB
loading...
Jokowi di Kalsel: Kalau Tak Mau Kena Banjir Lagi, Segera Rehabilitasi DAS Besar-besaran
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (18/2/2021). FOTO/TANGKAPAN LAYAR/SINDOnews/DITA ANGGA
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Pada kunjungan tersebut Jokowi sempat menyinggung persoalan banjir yang melanda Provinsi Kalsel beberapa waktu lalu.

Menurutnya, penanganan banjir ini perlu dilakukan secara komprehensif dari hulu hingga hilir. "Kita tahu banjir di Provinsi Kalsel mencakup sebuah area yang sangat luas kurang lebih 10 kabupaten/kota. Dan ini memerlukan penanganan yang komprehensif dari hulu sampai hilir," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi secara langsung meminta kepada gubernur maupun bupati/wali kota di Kalsel untuk rehabilitasi lahan. Langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir. "Saya titip Pak Gub juga seluruh bupati agar intervensi terhadap rehabilitasi lahan. Itu sangat penting sekali," katanya.

Baca juga: Banjir Kalsel, Jokowi: Sungai Barito Tak Mampu Tampung 2,1 Miliar Kubik Air Hujan

"Penghutanan kembali, penanaman kembali di lahan-lahan, terutama yang berkaitan dengan DAS, daerah aliran sungai yang ada. Ini perlu segera dilakukan secara besar-besaran. Kalau kita tidak mau lagi terkena banjir di masa-masa yang akan datang," katanya

Seperti diketahui sejumlah wilayah di Pprovinsi Kalsel terendam banjir pada pertengahan Januari lalu. Hal ini berdampak pada terendamnya ribuan rumah warga.

Baca juga: Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi: Ini Mampu Kurangi Banjir Secara Drastis


(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)