Sandiaga Gandeng UIN Syarif Hidayatullah Garap Potensi di Desa

Sabtu, 06 Februari 2021 - 18:20 WIB
loading...
Sandiaga Gandeng UIN Syarif Hidayatullah Garap Potensi di Desa
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno menggandeng akademisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk kolaborasi bersama menggarap potensi ekonomi desa di Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menggandeng akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta untuk kolaborasi bersama menggarap potensi ekonomi desa di Indonesia.

(Baca juga: Sandiaga Uno Bersepeda Santai di Jalur Triathlon Belitung)

Dalam sebuah diskusi antara Sandiaga dengan jajaran rektorat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terungkap, saat ini ada 35.000 mahasiswa, 11 fakultas, dan setiap tahunnya ada 4.100 mahasiswa yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk desa.

(Baca juga: Bukit Peramun Jadi Desa Digital, Sandiaga Uno: Belitung Tawarkan Sensasi Luar Biasa)

Dari diskusi ini pula tercetus keinginan untuk kerja nyata dengan kolaborasi bersama di mana program KKN yang dijalankan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah bisa menyasar desa-desa wisata yang sedang dikembangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Harapannya mahasiswa dan mahasiswi ini bisa ikut berkontribusi membangun SDM masyarakat di pedesaan, menggali potensi ekonomi di desa dan juga membuka luas lapangan kerja," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Jumat (5/2/2021).

Dalam kolaborasi ini, UIN Syarif Hidayatullah sebagai institusi pendidikan akan menyiapkan SDM yang mumpuni melalui program-program pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa seperti KKN serta magang.

Dengan begitu, mahasiswa akan lulus bisa memiliki daya kreatifitas dan entrepreneurship dalam rangka membangun diri mereka sendiri bahkan membangun masyarakat.

"Semoga kolaborasi ini bisa menjadi satu even yang merupakan bagian dari pengembangan pariwisata yang menyasar salah satu yang kita kembangkan yakni desa wisata," ucap Sandiaga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)