Kawasan Pendukung Tiga PLBN Ini Bakal Menjadi Sentra Ekonomi Baru

Sabtu, 16 Mei 2020 - 11:25 WIB
loading...
Kawasan Pendukung Tiga PLBN Ini Bakal Menjadi Sentra Ekonomi Baru
Kepala BNPP sekaligus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Foto/Okezone
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan melakukan pengembangan kawasan pendukung Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Ada tiga PLBN yang akan dipoles, yakni Aruk di Kabupaten Sambas, Motaain di Kabupaten Belu, dan Skouw di Kota Jayapura.

Kepala BNPP sekaligus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghendaki kawasan pendukung PLBN menjadi sentra ekonomi dan perdagangan baru. Kawasan di perbatasan itu harus bisa memberikan pengaruh kepada negara tetangga.

"Tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Namun, yang lebih penting ke luar daerah sebelah, negara tetangga," tutur Tito dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Sabtu (16/5/2020).

Pada periode pemerintahan Jokowi memang sudah membangun berbagai infrastruktur dan fasilitas di tujuh PLBN. Bahkan, rencananya membangun 11 PLBN lainnya, antara lain, Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Sota di Kabupaten Merauke, serta Sei Pancang Sebatik dan Long Midang di Kabupaten Nunukan. ( ).

Tito meminta BNPP membuat market intelegent untuk mengindentifikasi kebutuhan di kawasan perbatasan negara itu. Itu untuk mempercepat kawasan pendukung PLBN Aruk, Motaain, dan Skouw menjadi sentra ekonomi dan perdagangan baru.

Mantan Kapolri itu memerintahkan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro, untuk membagi pejabat BNPP menjadi tiga tim. Masing-masing tim melakukan pengumpulan data yang diperlukan untuk mendukung rencana pengembangan kawasan tiga PLBN itu. "Saya minta laksanakan secepatnya, minggu depan harus jadi," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)