Relawan Jokowi Ikut Pemilihan Ketum IKA UMB

Senin, 25 Januari 2021 - 10:00 WIB
loading...
Relawan Jokowi Ikut Pemilihan Ketum IKA UMB
Relawan Jokowi, Aznil Tan maju menjadi calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Mercu Buana (UMB) bakal berkompetisi pada pemilihan yang digelar Selasa 26 Januari 2021. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Lima orang calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Mercu Buana (UMB) bakal berkompetisi pada pemilihan yang digelar Selasa 26 Januari 2021. Salah satu kandidatnya adalah Relawan Jokowi, Aznil Tan.

Aznil yang juga Aktivis 98 itu menawarkan konsep Triple Helix menjadi target sasaran untuk mengerakan alumni UMB. Dia mengatakan bahwa alumni perguruan tinggi harus berperan di tiga sektor, yaitu akademis, bisnis, dan pemerintah.

Sehingga, alumni jangan terjebak acara seremonial dan pola normatif."Level calon pemimpin tidak lagi menawarkan visi misi yang mengawang-awang dan pasaran. Tetapi sudah menusuk ke level langkah konkret untuk mewujudkan konsep triple helix agar bisa berperan di dunia, akademis, bisnis dan goverment," kata Aznil Tan, Senin (25/1/2021).

Alumni arsitektur UMB angkatan 1993 ini menawarkan kehadirannya melakukan loncatan besar untuk membangun kejayaan alumni UMB. "Saya akan lakukan konsolidasi alumni UMB untuk mau melakukan loncatan besar, tidak lagi mengerutu pada keadaan. Revolusi industri 4.0 butuh kecepatan dan tidak lagi bermain landai," ujar Aznil yang sekarang sebagai Staf Khusus Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) ini.

Dia pun menjanjikan penguatan posisi tawar UMB serta memperluas jaringan dikancah nasional dan internasional untuk dunia kerja. Sedangkan, dunia kewirausahan (bisnis) mendorong terus munculnya ekonomi kreatif dan ekspansi pasar global.

"Kampus harus terus mempelopori lahirnya ekonomi kreatif dan produk inovatif untuk merebut pasar. Mental pengusahanya didorong untuk ekspansi ke pasar global," kata Aznil.

Pada dunia pemerintahan, Aznil mengimbau untuk tidak bersikap apatis dan alergi dunia politik. Program ditawarkan dalam hal ini, para alumni UMB untuk bisa berperan dalam program-program nasional serta sebagai kontrol sosial.

"Alumni perguruan tinggi harus muncul untuk bisa memberi kontribusi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat dampak pandemi COVID-19. Selain itu hadir mengontrol kebijakan publik dan menawarkan program-program untuk memajukan bangsa," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Aznil adalah salah satu tokoh yang diundang acara Malam Syukuran Pelantikan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta 20 Oktober 2019. Dia mendirikan Poros Benhil sebagai relawan pemenangan Jokowi-Maaruf Amin pada Pemilu 2019 yang menghimpun 77 organ relawan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3464 seconds (0.1#10.140)