Muhammadiyah Terbitkan Tuntunan Tata Cara Salat Idul Fitri di Masa Corona

Jum'at, 15 Mei 2020 - 17:54 WIB
loading...
Muhammadiyah Terbitkan Tuntunan Tata Cara Salat Idul Fitri di Masa Corona
Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan panduan salat Idul fitri. Panduan sebagai tuntunan masyarakat dalam melaksanakan ibadah salat tersebut dan menghindari penyebaran virus Corona (Covid-19). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan panduan salat Idul Fitri . Panduan ini dilakukan untuk menuntut masyarakat dalam melaksanakan ibadah dan menghindari penyebaran virus Corona (Covid-19).

PP Muhammadiyah telah menerbitkan PP Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Tuntunan Salat Idul Fitri dalam Kondisi Darurat Covid-19.

Sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan Lebaran jatuh pada 24 Mei 2020. “Tuntunan ini diharapkan menjadi panduan bagi umat Islam di Indonesia pada umumnya. Tentu khususnya, panduan bagi masyarakat Muhammadiyah di tingkat cabang, ranting, dan usaha di persyarikatan Muhammadiyah,” ujar Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto dalam konferensi pers secara online, Jumat (15/4/2020).

Agung menjabarkan poin-poin penting dalam PP Nomor 4 Tahun 2020 itu. Pertama, jika wilayahnya belum bebas wabah Covid-19 dan tidak aman untuk banyak orang berkumpul, salat Idul Fitri sebaiknya tidak digelar di lapangan dan masjid.

“Juga tempat-tempat lain yang dimungkinkan berkerumun orang banyak,” ucapnya. (Baca juga: Muhammadiyah Gelontorkan Rp130 M untuk Masyarakat Terdampak Covid-19)

Kedua, bagi yang menghendaki salat dapat dilakukan di rumah. Adapun tata caranya sama dengan yang biasa dilakukan di lapangan atau masjid, yakni ada imam, khotib, dan Makmun.

“Sama seperti di lapangan, hanya tempatnya saja di rumah,” kata Agung.

Ketiga, Muhammadiyah menegaskan tidak ada ancaman agama bagi yang tak melaksanakan salat Idul fitri di rumah. Salat Idul fitri termasuk dalam ibadah sunah.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi panduan dan menaati pimpinan Muhammadiyah sebagai bagian dari tertib berorganisasi. Imbauan salat Idul fitri di rumah untuk menghindari kerumuman orang yang banyak,” tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)