iNews Room Live di iNews dan RCTI+ Selasa Pukul 18.00: Gawat, Relawan Vaksin Kena Corona

Selasa, 19 Januari 2021 - 17:18 WIB
loading...
iNews Room Live di iNews dan RCTI+ Selasa Pukul 18.00: Gawat, Relawan Vaksin Kena Corona
Sebanyak 25 relawan vaksin Sinovac pilihan pemerintah, positif Covid-19. Tim riset uji klinis vaksin yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat menganggap ini masalah sepele. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Di tengah terpaan bencana di sejumlah daerah, muncul kabar tak sedap, sebanyak 25 relawan vaksin Sinovac pilihan pemerintah, justru positif Covid-19 . Tim riset uji klinis vaksin yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat menganggap ini masalah sepele.

Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 Universitas Padjajaran (Unpad) Kusnandi Rusmil mengatakan, sebanyak 25 dari 1.620 relawan uji klinis fase III vaksin Sinovac positif terinfeksi virus corona. "Dari hasil pengikutan ya, kami ikuti ini udah 3 bulan post penyuntikan, ternyata tadi yang dikatakan ketemu total yang sakit ada 25 orang ya. Dari yang 25 orang itu, 18 orang itu plasebo dan 7 orang yang divaksin," kata Kusnandi dalam rapat kerja dengan DPR RI Komisi IX secara virtual, Selasa (19/1/2021).

Tim uji klinis mengatakan, orang yang sudah divaksinasi tetap harus menjaga protokol kesehatan, yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak dan sering cuci tangan. Suara sumbang pun muncul, misalnya bahwa kalau sudah divaksinasi tetap harus pegang protokol kesehatan, lalu buat apa ada program suntik-menyuntik vaksin? Selain itu, ada pula yang menilai kocek Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp75 triliun pun akan menguap sia-sia.

Suara miring seperti ini jika tidak diluruskan maka bisa merusak program vaksinasi nasional. Sementara, puluhan relawan vaksin positif ini bisa membuat publik tak percaya vaksin buatan Tiongkok. Ujung-ujungnya banyak menolak, dan muaranya program vaksinasi gagal total, sehingga Indonesia makin keras berjuang keluar dari pandemi Covid-19.

Tema ini akan menjadi bahasan "iNews Room" hari ini, termasuk update informasi bencana dari sejumlah wilayah di Tanah Air. Dimulai pukul 18:00 WIB, program ini dipandu host Latief Siregar dan disiarkan secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti pula melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)