Pendamping Anies di Pilpres 2024, Ridwan Kamil dan Khofifah juga Cocok

Sabtu, 16 Januari 2021 - 10:02 WIB
loading...
Pendamping Anies di Pilpres 2024, Ridwan Kamil dan Khofifah juga Cocok
Selain AHY, Ridwan Kamil dinilai punya kriteria yang cocok sebagai pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah nama layak dipertimbangkan menjadi pasangan Anies Baswedan di Pilpres 2024 . Mereka adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudoyono (AHY), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil .

"Simulasi soal pasangan capres dan cawapres 2024 tentu akan dinamis, termasuk Anies Baswedan yang kerap masuk dalam survei capres potensial. Lantas siapa yang kira-kira layak jadi Cawapresnya Anies Baswedan?" ujar pengamat politik Arif Nurul Imam membeberkan kepada SINDOnews, Sabtu (16/1/2021).

Baca juga : Ulama Dunia Menyeru Agar Masjid Al-Aqsa Dilindungi dari Yudaisasi Israel

Arif berpendapat, sebelum bicara nama, ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan. "Pertama, jika jadi pasangan calon tentu bisa menambah elektabilitas," ujar Direktur IndoStrategi Research and Consulting ini.

Artinya, lanjut dia, cawapres tersebut memiliki fungsi vote getter, sehingga memperbesar peluang menang. "Kedua, dukungan Parpol karena Anies tidak memiliki Parpol," tuturnya.

Ketiga, lanjut dia, dari irisan sosial yang berbeda, sehingga bisa menambah ceruk suara untuk mendapatkan dukungan pemilih. Diakuinya bahwa jika menggunakan tiga kriteria tersebut, memang agak susah yang bisa memenuhi semua.

Baca juga : Bocah Lelaki Dipaksa Operasi Ganti Kelamin kemudian Diperkosa Beramai-ramai

"Namun ada beberapa nama yang pantas dipertimbangkan misalnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudoyono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan atau para tokoh lainnya yang bisa menambah kekuatan Anies," pungkasnya.

- Rico Afrido Simanjuntak
(muh)
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2491 seconds (10.101#12.26)