Berpotensi Nyapres di 2024, Empat Perempuan Ini Akan Ikuti Jejak Megawati?

Minggu, 10 Januari 2021 - 14:30 WIB
loading...
Berpotensi Nyapres di 2024, Empat Perempuan Ini Akan Ikuti Jejak Megawati?
Dari kiri ke kanan: Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini, Susi Pudjiastuti. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah tokoh perempuan berpeluang menjadi calon presiden (capres) sekaligus menjadi magnet bagi pemilih di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Terdapat empat figur perempuan yang disebut-sebut paling berpeluang nyapres, yaitu Susi Pujiastuti, Puan Maharani, Tri Rismaharini, dan Khofifah Indar Parawansa.

(Baca juga : Susi Pudjiastuti Dukung Opini Megawati Soal Ekspor Benur )

Empat nama ini sering terjaring survei sebagai figur capres atau calon wakil presiden (cawapres) potensial.

Kemunculan nama tokoh perempuan di bursa pencapresan selalu menarik perhatian karena membawa warna berbeda. Apalagi, sejak pilpres langsung digelar pertama kalinya di Indonesia pada 2024, keterlibatan capres atau cawapres perempuan sangat minim. Pencalonan selalu didominasi kaum laki-laki.( )

Hanya Megawati Soekarnoputri satu-satunya tokoh perempuan yang pernah mencalonkan diri, yaitu pada Pilpres 2004 dan 2009.

Pilpres 2024 sangat mungkin menjadi momentum terbaik bagi warga Indonesia untuk memiliki pemimpin perempuan. Pasalnya, ini untuk pertama kalinya bursa pilpres Indonesia surplus tokoh perempuan potensial. Apalagi, dari sisi karier, rekam jejak, kapasitas dan kapabilitas, tokoh perempuan ini sudah cukup teruji.

(Baca juga : PM Kanada Sebut Trump 'Provokator' Penyerbuan Parlemen AS )

Lalu, siapakah di antara mereka yang paling layak nyapres pada 2024? Siapa di antara tokoh perempuan tersebut yang paling mampu menjaga dan menaikkan elektabilitasnya hingga tiga tahun mendatang?

Berikut ini analisa singkat para tokoh perempuan yang berpotensi nyapres.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)