Denny JA dan Era Baru Penulis Entrepreneur

Selasa, 05 Januari 2021 - 20:25 WIB
loading...
Denny JA dan Era Baru Penulis Entrepreneur
Denny JA, penulis buku yang juga peneliti senior survei politik. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dunia penulis dan intelektual tidak lagi bersifat aksetisme atau jalan yang tidak memperdulikan kehidupan material dan kekayaan duniawi.

Dulu dunia intelektual adalah dunia yang hanya mementingkan akal budi dan kekayaan rohani saja. Namun Denny JA memberontak tradisi itu. Baginya, menjadi intelektual, penulis, dan opinion maker justru akan lebih sempurna jika juga kaya raya.

"Berita baik untuk dunia penulis dan intelektual di Indonesia. Hidup di dunia gagasan itu, tak lagi harus bersahaja," demikian pendapat Satrio Arismunandar, praktisi media.

Satrio mencontohkan Denny JA yang dinilainya tumbuh menjadi spesies intelektual unik. Di satu sisi dia produktif hingga menulis 57 judul buku mulai dari demokrasi, marketing politik, sastra hingga agama. ( )
Pernyataan Satrio ini viral di WhatsApp grup, menimbulkan berbagai respons. Termasuk respons kaget banyak pihak bahwa Denny JA sang penulis dan penyair itu memiliki aset yang sudah mencapai angka ajaib, Rp1 triliun.

Menurut dia, isu ini penting diangkat bukan dalam rangka glorifikasi pribadi Denny JA. Tapi Denny JA membawa tradisi baru dunia penulis Indonesia,"Yaitu datangnya era Penulis Entrepreneur," tutur Satrio yang diposting juga di laman akun Facebook Denny JA, Senin (5/1/2021).

Dengan kaya raya, lanjut dia, sang intelektual bisa membiayai sendiri karyanya. Mempunyai banyak waktu luang untuk berkarya karena tak lagi harus bekerja. Dia juga bisa menjadi dermawan, membantu tumbuhnya tradisi keilmuwan.

Denny dikatakannya juga mempopulerkan tradisi meme, menghasilkan puluhan video animasi. Dia juga menulis di jurnal akademik dunia, yang untuk dimuat di sana harus melampaui dulu review para akademisi internasional.

Di saat yang sama, Denny juga memikili puluhan usaha properti, tambang, food and beverage, hotel, convenience store, hingga perusahaan konsultan politik. ( )

Menurut Satrio, pertama kali Denny JA mengemukakan gagasan intelektual Entrepreneur di publik ketika dia menulis di buku 70 tahun Djohan Effendi, tahun 2009.

Djohan Effendi dikenal salah satu penggagas pembaharuan Islam di samping Nurcholish Madjid, Abdurahman Wahid, dan Ahmad Wahib. Djohan juga pernah menjadi menteri ketika Gus Dur menjadi presiden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2434 seconds (0.1#10.140)