Lewat Mobil Keliling, NU Edukasi Masyarakat tentang Corona

Kamis, 14 Mei 2020 - 16:55 WIB
loading...
Lewat Mobil Keliling, NU Edukasi Masyarakat tentang Corona
Satuan Tugas Peduli Covid-19 atau virus Corona bentukan Nahdlatul Ulama (NU), kini gencar melakukan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Satuan Tugas Peduli Covid-19 atau virus Corona bentukan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) gencar melakukan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya Covid-19 . Salah satunya dengan memanfaatkan mobil keliling.

Ketua Satuan Tugas NU Peduli Covid-19, dr. Muhamad Makky Zamzani Satgas ini memberikan edukasi dengan mobil-mobil yang terinspirasi dari 'mobil tahu bulat'. (Baca juga: BPOM Kaji Potensi Herbal untuk Penanganan Covid-19)

"Bahwa lewat pada saat itu terngiang ‘mobil tahu bulat’ dan itu terngiang-ngiang akhirnya saya pikir ini sangat bagus sekali kita bentuk edukasi di titik-titik tertentu dengan edukasi Covid," kata Makky Zamzani di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Graha BNPB, Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Saat ini sudah ada 154 mobil di berbagai wilayah yang siap memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya Covid-19. "Terutama di keramaian yang saat ini mungkin kita memberikan edukasi sangat sulit kalau secara langsung. Nah itu berawal dari situ ada 5 mobil dan saat ini alhamdulillah ada 150an mobil yang siap sudah berjalan di Kabupaten dan Wilayah," jelas Makky.

"Sebetulnya di awal-awal sudah di tegaskan oleh Satgas BNPB oleh terkait dengan social distancing pada waktu itu, di situ adalah bagaimana maind set kami edukasi dengan pembatasan jarak dan aktivitas," tambahnya.

Makky menjelaskan, dengan edukasi melalui mobil keliling ini setidaknya telah ada 1.747 titik kunjungan dengan masyarakat teredukasi sebanyak 46.209 orang. Untuk saat ini area pelayanan mobil edukasi keliling di antaranya lima unit di Banten, 93 di DI Yogyakarta, lima di Jakarta, tiga di Jawa Barat, 15 di Jawa Tengah, 32 di Jawa Timur dan satu unit di Nusa Tenggara Barat.

Makky mengatakan mobil keliling ini juga disediakan dalam sejumlah bahasa di antaranya Palembang, Minang, Lampung, Medan, Ngapak, Madura, Jawa Timur, Jawa Tengah, Cirebon, Betawi, Bali, Banjar dan sebagainya.

"Mobil edukasi keliling ini pada hakikatnya merupakan salah satu respon satuan tugas NU peduli Covid-19 yang bersifat promotif di samping adanya posko, hotline center, pelatihan, gerakan boyong orang tua, relawan dan sebagainya," jelasnya.

Selain Satgas NU juga bergerak secara preventif dengan adanya instruksi protokol, penyemprotan disinfektan, penyediaan alat pelindung diri dan masker, produksi serta distribusi cairan pembersih tangan serta sabun cair, penyediaan galon portable cuci tangan dan mobilisasi pemulangan santri.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)