Masih Ada Keluhan Masyarakat, Kemendagri Minta Dukcapil Berbenah di 2021

loading...
Masih Ada Keluhan Masyarakat, Kemendagri Minta Dukcapil Berbenah di 2021
Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrullah mengatakan pihaknya melakukan evaluasi di akhir tahun 2021. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil ) Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) Zudan Arif Fakrullah mengatakan pihaknya melakukan evaluasi di akhir tahun 2021. Dia menyebut masih ada keluhan dari masyarakat terkait pelayanan di dinas dukcapil. (Baca juga: 39 Pegawai di Disdukcapil Bulukumba Positif Covid-19)

"Beberapa keluhan masih muncul seperti lambannya pelayanan, pelayanan yang memperlambat persyaratan tertentu, prosedur yang panjang, dan masih ada pungli dan calo di beberapa daerah," kata Zudan dikutip dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/12/2020).

(Baca juga: 12 Pegawai Positif Covid-19, Pelayanan di Disdukcapil Makassar Ditutup Sementara)

Atas sejumlah persoalan tersebut, Zudan menyebutkan, pelayanan Dukcapil perlu dibenahi. Dengan begitu pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan bisa zdilaksanakan secara optimal.



"Karena kami ingin berbenah di tahun 2021, bisa melakukan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih baik lagi," ungkapnya.

Dia menegaskan ke jajaran Dukcapil di daerah, administrasi kependudukan harus dituntaskan bersama-sama. "Urusan umum di bidang administrasi kependudukan sekaligus merupakan urusan bersama dan menjadi urusan wajib di daerah. Pelayanan publik ini harus segera bisa kita aplikasikan, walaupun kita sudah berbenah," pungkasnya.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top