Jalin Kerja Sama, BPIP-ANRI Bumikan Pancasila lewat Arsip Nasional

Selasa, 22 Desember 2020 - 22:54 WIB
loading...
Jalin Kerja Sama, BPIP-ANRI Bumikan Pancasila lewat Arsip Nasional
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), di Gedung ANRI, Jakarta Selatan, Selasa (22/12/2020). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), di Gedung ANRI, Jakarta Selatan, Selasa (22/12/2020).

Acara yang digelar langsung dan virtual ini dihadiri oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi, Pelaksana Tugas Kepala ANRI M Taufik, Duta Arsip Rieke Diah Pitaloka, serta jajaran terkait.

Dalam sambutannya, Kepala BPIP Yudian Wahyudi menekankan Indonesia sudah merdeka dan memiliki segala kekayaan terbaik di dunia. Namun saat ini Indonesia sedang diuji oleh pandemi Covid-19.

"Dari terjajah, jadi memiliki segalanya. Tapi kita sedang diuji Tuhan menghadapi 'mahluk gaib' pandemi. Juga kesatuan dan persatuan yang mulai terkikis," kata Yudian.

Menurut dia, segala kesulitan adalah bagian dari perjalanan bangsa Indonesia. Untuk itu, Yudian mengingatkan pentingnya sejarah bagi generasi mendatang.

"Jas merah, jangan meninggalkan sejarah. Saya berani mengatakan, Proklamasi Indonesia adalah yang terbaik di dunia. Semua sejarah ada di dokumen, arsip nasional. Momen ini penting untuk pelestarian sejarah," tuturnya.( )

Duta Arsip Rieke Diah Pitaloka mengapresiasi penandatanganan nota kesepahaman BPIP-ANRI. Apalagi bertepatan dengan Hari Ibu yang lahir dari Kongres Perempuan Indonesia.

"Bukan hanya fathers, tanpa founding mothers tidak akan ada arsip sejarah Indonesia," ujarnya.( )

Rieke menjelaskan, arsip sesungguhnya sumber pengetahuan. Banyak arsip di ANRI yang disimpan dan dikelola untuk menggambarkan nilai-nilai Pancasila. “Termasuk data-data pembangunan yang menggambarkan jiwa pancasila, patriotisme. Ini bisa kita pelajari melalui arsip,” terang Rieke.

Adapun Pelaksana Tugas Kepala ANRI M Taufik memastikan Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah final. Tinggal bagaimana membumikannya agar dapat diaktualisasikan sehari-hari.

"Arsip adalah information and knowledge. Tidak hanya BPIP dan ANRI, kita akan menggandeng sektor kreatif. Mengedukasi masyarakat dengan berbagai program," ujar Taufik.

Pihaknya berusaha memakai metode dan saluran yang kekinian. Salah satunya melalui penyajian informasi yang bersumber dari arsip autentik.

“Arsip perumusan Pancasila telah tersimpan lengkap dan aman di ANRI. Seluruh informasi dari arsip itu hasil pendokumentasian sejarah perjalanan bangsa," katanya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)