Berpeluang Jadi Menteri KKP, Siapa Sakti Wahyu Trenggono?

loading...
Berpeluang Jadi Menteri KKP, Siapa Sakti Wahyu Trenggono?
Dikenal sebagai pemain lokal bisnis cloud pertama di Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono memulai karier di PT Astra International Tbk pada 1988. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Nama Sakti Wahyu Trenggono masuk radar salah satu kandidat menteri dalam rencana reshuffle yang kemungkinan besar dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat. Namanya disebut-sebut bakal menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KP).

Siapakah Sakti Wahyu Trenggono? Di jagat perpolitikan Tanah Air, namanya memang tidak asing. Selain posisinya yang cukup mentereng saat ini sebagai Wakil Menteri Pertahanan mendampingi Prabowo Subianto, Sakti Wahyu Trenggono juga merupakan mantan bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.

(Baca: Reshuffle Kabinet Berskala Besar, Ini 7 Menteri yang Berpeluang Dilibas)

Sebelum diangkat menjadi Wamenhan, kala itu, namanya bahkan disebut-sebut sebagai calon kuat Menteri BUMN. Maklum, selama ini sosok ini dikenal cukup dekat dengan Presiden Jokowi. Selain itu, posisinya di TKN Jokowi-Ma'ruf kala itu juga cukup strategis sebagai bandahara.



Dikutip dari Wikipedia, sosok kelahiran Semarang, 3 November 1962 itu selain sebagai politisi, juga sebagai pengusaha papan atas nasional. Ia sempat menjadi bendahara Partai Amanat Nasional (PAN) dari 2009 sampai sekitar tahun 2013 saat Hatta Rajasa menjadi ketua umumnya.

Kedekatannya dengan Jokowi juga sudah terjalin cukup lama. Bahkan, Wahyu menjadi bendahara tim pemenangan Jokowi sejak mantan gubernur DKI Jakarta itu masih berkiprah di Solo sebelum akhirnya maju ke Jakarta dan tingkat nasional sebagai presiden.

(Baca: Isu Sakti Wahyu Trenggono Jadi Menteri KKP, Gerindra: Kami Enggak Ada Masalah)



Pria lulusan S-1 Teknik Industri Institut Teknologi Bandung dan S-2 Magister Management juga di kampus yang sama ini memulai karier di Federal Motor sebagai programmer pada 1986–1992. Dia juga menjabat sebagai Direktur Perencanaan dan Pengembangan INKUD, dan juga sebagai komisaris di PT Tower Bersama Tbk dari tahun 2009.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top