Survei Maverick: Media Online dan Medsos Jadi Andalan Anak Muda

Selasa, 15 Desember 2020 - 23:38 WIB
loading...
Survei Maverick: Media Online dan Medsos Jadi Andalan Anak Muda
Pola konsumsi berita generasi muda saat ini menunjukkan portal berita online dan media sosial merupakan sumber informasi utama bagi mereka..Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pola konsumsi berita generasi muda saat ini menunjukkan portal berita online dan media sosial merupakan sumber informasi utama bagi mereka.

Hasil survei Maverick Indonesia menunjukkan sekitar 81% dari 453 responden berusia 18 sampai 32 tahun di Jabodetabek dan Bandung menggunakan kedua platform tersebut untuk mengakses berita dalam aktivitas mereka sehari-hari.

Data tersebut menjadi bukti penting adanya perubahan ekosistem informasi generasi muda yang perlu ditanggapi oleh para praktisi komunikasi.

Di antara berbagai saluran digital, media sosial Instagram menjadi sumber informasi utama bagi 89% responden, diikuti oleh YouTube sebesar 77%.

Hal ini selaras dengan laporan The 2020 Reuters Digital News Report yang mengindikasikan aspek visual dan real time menjadi faktor penting bagi popularitas kedua platform tersebut.

Selain itu, sebanyak 43% responden menyatakan mereka mendapatkan berita melalui aplikasi pesan singkat. Line menjadi aplikasi yang paling populer dengan 54% responden penggunanya mengonsumsi berita melalui news aggregator seperti Line Today.

Pengguna Line saat ini didominasi oleh generasi muda yang berusia di bawah 23 tahun. “Generasi muda akan menjadi konsumen utama di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi kami, para praktisi komunikasi untuk memahami bagaimana pandangan dan perilaku mereka dalam mengonsumsi pemberitaan di era digital ini agar kami dapat menyusun strategi komunikasi yang relevan dan tepat sasaran,” ujar Direktur Monitoring and Analytics Maverick Indonesia Felicia Nugroho dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews, Selasa (15/12/2020).

Mengenai perubahan perilaku konsumsi berita yang terjadi akibat digitalisasi, hasil survei terhadap generasi muda menunjukkan kredibilitas dan kecepatan media dalam meliput isu-isu terkini menjadi poin pertimbangan utama mereka dalam memilih portal berita.( )

Kecenderungan tersebut terlihat jelas pada responden dengan kelompok usia 27-32 tahun. Selain itu, responden juga lebih memilih untuk membaca artikel yang tidak terlalu panjang tetapi tetap bisa menggambarkan situasinya secara jelas. Hal ini mengindikasikan adanya tren perubahan format berita.

Temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan menjadi salah satu cermin bahwa generasi muda merupakan pihak yang masih aktif dalam mencari dan mengonsumsi berita.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)