Dapat 2 Kapal dan 11 Helikopter, Kapolri Instruksikan Polairud Amankan Pilkada

Selasa, 01 Desember 2020 - 17:16 WIB
loading...
Dapat 2 Kapal dan 11 Helikopter, Kapolri Instruksikan Polairud Amankan Pilkada
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menginstruksikan kepada Korps Polairud untuk ikut membantu pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menginstruksikan kepada Korps Polairud untuk ikut membantu pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Menurut Idham, jajaran Korps Polairud dapat memberikan dukungan pengamanan dalam pendistribusian kotak suara dan pergeseran pasukan diwilayah kepulauan yang tidak dapat dijangkau transportasi darat. "Saya perintahkan untuk melaksanakan pengamanan dengan Profesional serta senantiasa menjaga netralitas," kata Idham saat peringatan HUT ke-70 Korps Polairud secara virtual, Selasa (1/12/2020). (Baca juga: Kapolri Apresiasi Polairud Ungkap 617 Kasus dan Selamatkan Uang Negara Rp256 Miliar)

Mantan Kepala Bareskrim Polri itu meminta jajaran Korps Polairud memantapkan soliditas internal dan perkuat sinergitas dengan personel TNI di semua tingkatan, baik dalam pelaksanaan tugas maupun kehidupan sehari-hari. Selain itu, Idham juga berharap Polairud dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kemitraan khususnya dengan masyarakat pesisir dan kepulauan, dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang, selama, dan pasca Pilkada serentak tahun 2020. "Jadilah teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat," ujar Idham. (Baca juga: Kapolri Keluarkan TR Netralitas Pilkada, Ini Yang Tidak Boleh Dilakukan Anggota Polri)

Disisi lain, Idham mengapresiasi Korps Polairud dalam peningkatan pelayanan publik dan peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan, berupa penanaman bibit mangrove dan tebar benih ikan, yang hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19 ini.

Tak hanya itu, sepanjang 2020 jajaran Korps Polairud juga telah berhasil mengungkap kasus tindak pidana di laut sebanyak 617 kasus, dan menyelamatkan keuangan negara dengan nilai total kurang lebih Rp256 miliar. "Selain beberapa keberhasilan yang telah dicapai, Korpolairud juga telah mendapat tambahan alat utama berupa 2 unit kapal patroli dan 11 unit helikopter jenis AW. Dengan penambahan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kinerja jajaran Polairud guna mendukung harkamtibas, penegakan hukum, serta mengamankan kegiatan agenda nasional," ucap Idham.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)