Ada Kesamaan, Poros Habib Rizieq-Gatot Nurmantyo Berpeluang 'Koalisi'

Senin, 30 November 2020 - 16:33 WIB
loading...
Ada Kesamaan, Poros Habib Rizieq-Gatot Nurmantyo Berpeluang Koalisi
Pemimpin FPI Habib Rizieq Shihab (kiri) dan Presidium KAMI Jenderal Purn Gatot Nurmantyo, Foto/SINDOnews/Instagram
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik Rocky Gerung melihat adanya semangat yang sama antara Front Pembela Islam (FPI) yang dipimpin Habib Rizieq Shihab dan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) dengan tokohnya, Gatot Nurmantyo.

Dua kelompok yang disebutnya sebagai Poros Petamburan dan Poros Menteng itu dinilai Rocky memiliki semangat yang saling terhubung.

Seperti diketahui, Petamburan adalah markas FPI. Sementara markas KAMI berada di Jalan Dr Kusuma Atmaja, Menteng, Jakarta Pusat. ( )

Menanggapi hal tersebut, Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam menilai ada kesamaan antara Habib Rizieq dan Gatot Nurmantyo , yakni kritis terhadap pemerintah.

(Baca juga : Gaji PNS Diobrak-abrik, Begini Skema Tunjangan ke Depan )

Arif mengatakan, sikap itu tentu menyatukan dua tokoh tersebut, yang masing-masing memiliki organ yakni FPI dan KAMI. "Meski demikian, kerja sama keduanya hanya bersifat taktis, terutama soal isu-isu publik, karena dua organ ini memiliki konsentrasi yang berbeda pula," ujar Arif kepada SINDOnews, Senin (30/11/2020).

(Baca juga : Menko Polhukam Mahfud MD Minta Habib Rizieq Kooperatif )

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai bisa saja apa yang dikatakan Rocky Gerung itu benar. "Analisa yang kritis atas fenomena yang ada," kata Ujang dihubungi terpisah. ( )

Ujang menambahkan, dua poros itu bertemu karena sejarah. Karena keduanya sangat kritis terhadap pemerintah. "Kedua poros tersebut jika besar, akan bisa menjadi energi penyemangat poros-poros lain untuk bergerak mendukung kedua poros tersebut," pungkasnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)