RSD Wisma Atlet Raih Top 21 Inovasi Pelayanan Corona dari KemenPANRB

Kamis, 26 November 2020 - 16:31 WIB
loading...
RSD Wisma Atlet Raih Top 21 Inovasi Pelayanan Corona dari KemenPANRB
Wisma Atlet Kemayoran yang dibangun Kementerian PUPR yang sebelumnya diperuntukkan sebagai hunian para atlet Asian Games tahun 2018 kini dijadikan sebagai Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melaksanakan Acara Penyerahan Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik, Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 (virus Corona), dan Top Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020 di Gedung Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu 25 November 2020.

(Baca juga: Sandiaga Uno Berpeluang Besar Gantikan Edhy Prabowo di Kabinet)

Acara Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik tersebut dibuka oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan dihadiri oleh menteri, pimpinan lembaga, gubernur, bupati/walikota, direktur utama BUMN, dan pimpinan lembaga lainnya dengan melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

(Baca juga: Kebebasan Sipil di Indonesia Alami Kemunduran)

"Kementerian PANRB selaku instansi pembina pelayanan publik nasional selalu mendorong kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk terus melakukan percepatan pelayanan publik yang memenuhi harapan masyarakat,” ujar Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam siaran pers, Kamis (26/11/2020).

Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada instansi dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik terbaik di Indonesia dan terbuka bagi kementerian, lembaga, pemda, BUMN dan BUMD, serta unit pengelola pelayanan publik di bawah instansi vertikal, kantor perwakilan, dan perguruan tinggi. Penyelenggaraan kompetisi ini didasarkan kepada Peraturan Menteri PANRB No. 47/2020 tentang Penyelenggaraan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020.

Total peserta Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020 mencapai 439 instansi yang terdiri atas 237 Instansi Pemerintah (IP) dan 202 Unit Pengelola Pelayanan (UPP). Salah satu penerima penghargaan Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid- 19 adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Perumahan dalam inovasi, yaitu Wisma Atlet Kemayoran dan Rusunawa, Solusi Penanganan Covid-19 di Indonesia. 


"Penghargaan ini merupakan bukti apresiasi masyarakat terhadap kerja keras teman-teman semua, saya kira ini menjadi pecut semangat untuk memperbaiki kinerja kita kedepannya. Kita terus berinovasi, terus memperbaiki kualitas layanan dan saya mengundang seluruh personil PUPR untuk terus berinovasi meningkatkan tindakan cepat dan tepat dalam melaksanakan tugas yang dalam hal ini adalah bagian dari kontribusi kita Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Perumahan dalam menanggulangi Covid-19," ujar Sekretaris Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana.

Diketahui, Wisma Atlet Kemayoran yang dibangun Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan yang sebelumnya diperuntukkan sebagai hunian para atlet Asian Games tahun 2018 kini dijadikan sebagai Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19. Secara akumulatif, Wisma Atlet Kemayoran telah merawat 26.836 orang di Tower 6 dan 7 sejak 23 Maret 2020.

Menurut Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 1 (Kogabwilhan I) Kolonel Marinir Aris Mudian, 24.761 orang di antaranya tercatat sudah keluar dengan rincian 469 orang dipindahkan ke RS Rujukan Covid-19 lain karena menunjukkan gejala berat, 24.284 orang sembuh, dan 8 orang meninggal.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)