Menteri KKP dari Gerindra, 3 Nama Ini Berpeluang Gantikan Edhy Prabowo

Kamis, 26 November 2020 - 13:28 WIB
loading...
Menteri KKP dari Gerindra, 3 Nama Ini Berpeluang Gantikan Edhy Prabowo
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin meyakini komitmen koalisi tetap terjalin antara Presiden Jokowi dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Edhy Prabowo mengundurkan diri dari jabatan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap ekspor benih lobster. Edhy juga mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin meyakini komitmen koalisi tetap terjalin antara Presiden Jokowi dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. "Dimana Gerindra dapat 2 kursi menteri, maka bisa saja pengganti Edhy Prabowo akan dari kader Gerindra lagi," kata Ujang saat dihubungi SINDOnews, Kamis (26/11/2020). (Baca juga: Sandiaga Uno Berpeluang Besar Gantikan Edhy Prabowo di Kabinet)

Ujang melihat, jika akhirnya pengganti Edhy berasal dari kader Gerindra lagi, maka ada sejumlah kader Fadli Zon, Sufmi Dasco atau bahkan Sandiaga S Uno, semua tergantung 'acc' dari Prabowo Subianto. (Baca juga: Menagih Janji Prabowo untuk Edhy Prabowo)

Namun, kata Ujang, karena ini soal politik, maka bisa saja pengganti Edhy Prabowo bisa dari partai lain ataupun dari kalangan profesional. Dia juga melihat, pergantian tersebut juga tergantung Presiden Jokowi. Jika Jokowi masih komitmen dengan Prabowo terkait rekonsiliasi maka kursi itu masih akan dipegang kader Gerindra. "Namun jika rekonsiliasi itu dilangkahi, maka penggantinya bisa dari partai lain dan bisa juga dari kalangan profesional. Jokowi sedang menimbang matang-matang akan hal itu. Dipolitik semua serba mungkin," kata dia.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)