Kampanye Hampir Berakhir, Mendagri: Kita Sudah Lampaui Masa Cukup Rawan

loading...
Kampanye Hampir Berakhir, Mendagri: Kita Sudah Lampaui Masa Cukup Rawan
Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pelaksanaan tahapan pilkada di masa pandemi COVID-19 relatif berjalan aman. FOTO/DOK.HUMAS KEMENDAGRI
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pelaksanaan tahapan pilkada di masa pandemi COVID-19 relatif berjalan aman. Pelanggaran protokol kesehatan tidak signifikan terjadi.

"Kemudian kalau tadi apa yang disampaikan Bapak Menkopolhukam hanya menekankan, kita sudah melampaui masa yang cukup rawan. Kampanye selama 59 hari dari 71 hari sesuai dengan amanat UU. Saya kira dari Bapak Ketua KPU dan Bawaslu juga sudah menyampaikan pada prinsipnya tidak terdapat pelanggaran yang signifikan," katanya dikutip dari rilis Puspen Kemendagri, Senin (23/11/2020).

Dia mengakui bahwa pelanggaran protokol kesehatan dalam kampanye tatap muka memang masih ada. Namun, menurutnya, tidak sampai ribuan orang. Seperti diketahui kampanye tatap muka hanya diperbolehkan untuk maksimal 50 orang. (Baca juga: Covid-19 Masih Tinggi, Dekati Pilkada KPU Diminta Penuhi Hak Kelompok Rentan )

"Itu ada yang melanggar sebanyak 2,2%. Jadi relatif kecil. Terima kasih kepada ketegasan Bawaslu dan jajarannya yang langsung memberikan teguran dan bersama-sama dengan jajaran TNI, Polri dan Satpol PP melakukan pembubaran. Itu saya kira langkah-langkah tegas," katanya.



Lebih lanjut Tito mengingatkan bahwa masih ada 12 hari masa kampanye. Dia meminta agar tetap waspada dan tidak lengah.

Selain itu, dia juga meminta semua pihak untuk membantu secara all out kerja penyelenggara Pilkada di sisa tahapan ini. Pasalnya masih ada sisa tahapan kampanye, masa tenang, pemungutan suara sampai dengan perhitungan suara. (Baca juga: Didukung Partai Perindo, Ahmad Rizal-Arifai Optimis Menang di Pilkada Labura )

"Ini tidak akan mungkin mampu penyelenggara KPU dan Bawaslu bekerja sendiri. Kita dukung dengan semua kekuatan yang ada. Kekuatan Linmas yang di bawah Pemda, Satpol PP yang ada di bawah pemda, rekan-rekan Polri Bapak Kapolri, mohon kiranya mengarahkan jajarannya dan juga rekan-rekan TNI. Memang situasi Pilkada kali ini belum pernah terjadi dalam sejarah bangsa Indonesia digelar, di tengah pandemi. Ini baru pertama kali, pengalaman baru kita semua," katanya.



(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top