Biden Menang, Komisi II Dukung RI-AS Bangun Kerja Sama Terkait Pemilu

Rabu, 11 November 2020 - 04:35 WIB
loading...
Biden Menang, Komisi II Dukung RI-AS Bangun Kerja Sama Terkait Pemilu
Anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus mengapresiasi niatan Presiden Jokowi untuk meningkatkan kerja sama dengan AS dalam bidang ekonomi, demokrasi dan multilateral, pascakemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS 2020. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi II DPR , Guspardi Gaus mengapresiasi niatan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) untuk meningkatkan kerja sama dengan Amerika Serikat (AS) dalam bidang ekonomi, demokrasi dan multilateral, pascakemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS 2020.

"Saya memberikan apresiasi kepada Jokowi jika memang beliau menyampaikan itu (niatan untuk meningkatkan kerja sama dengan AS)," ujar Guspardi kepada wartawan, Selasa (10/11/2020). (Baca juga: Pemantau Pemilu Internasional Sebut Tidak Ada Kecurangan di Pilpres AS)

"Saya mendukung ada upaya yang lebih konkret membangun kerja sama di bidang-bidang tersebut, termasuk mengenai sistem Pemilu kita," sambungnya.

Politikus PAN ini menilai kemenangan Biden memang patut menjadi pembelajaran bagi Indonesia dalam demokrasi dan demokratisasi. Biden telah menunjukkan bahwa dirinya adalah sosok yang akomodatif di tengah aspirasi pemilih AS yang multietnis, agama, dan berbentuk teritorial/negara bagian. Ini tentu nilai demokrasi yang patut dicatat.

"Tak heran lebih kurang 80 persen suara pemilih muslim amerika mendukung Biden. Belum lagi suara imigran dan juga suara pemilih di kantong-kantong suara Trump sebagai petahana," jelas Guspardi.

"Saya kira kemenangan Biden memang potret dari harapan demokrasi segenap rakyat Amerika," imbuhnya.

Menurut Legislator Dapil Sumatera Barat II ini, kemenangan Biden yang bahkan terjadi di basis dan kantong-kantong suara Trump, patut ditengarai bahwa Pilpres AS tak terganggu oleh penetrasi kekuasaan petahana.

"Ini pelajaran berharga bagi kita semua, bagi pemilih, bagi politisi, dan juga bagi penyelenggara Pemilu kita," tegas anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR itu. (Baca juga: Pengamat: HRS Bisa Jadi Pendorong Tokoh Tertentu Maju di Pilpres 2024)

Guspardi menambahkan fakta bahwa Pemilu di Indonesia masih kerap dibayang-bayangi oleh narasi lembaga survei dan quick count adalah hal yang perlu dibenahi. "Pascakemenangan Biden, ada kesadaran bersama di Tanah Air Indonesia untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan demokrasi yang jujur dan adil," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)