Dirpolair Polri Utamakan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir dan Pengamanan Laut

loading...
Dirpolair Polri Utamakan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir dan Pengamanan Laut
Dirpolair Baharkam Polri Kombes Pol Mohammad Yassin Kosasih (kiri) akan memprioritaskan pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir dan pengamanan laut. Foto/Ist
JAKARTA - Direktur Polisi Air (Dirpolair) Baharkam Polri Kombes Pol Mohammad Yassin Kosasih menyatakan, akan memprioritaskan pemberdayaan masyarakat pesisir, perairan dan kepulauan untuk mendukung program ekonomi kerakyatan sebagaimana dicanangkan pemerintah.

Selain itu, jebolan Akpol 1991 ini menyatakan akan tetap memprioritaskan sistem pengamanan perairan sebagai tugas utamanya. Karena itu pihaknya akan memanfaatkan teknologi informasi (TI) menunjang kegiatan operasional kepolisian perairan.

“Sesuai pesan khusus yang disampaikan Kabaharkam melalui Kakorpolairud tentang program penguatan ekonomi kerakyatan di samping memaksimalkan pemanfaatan IT dalam menunjang operasional dengan pola kegiatan promotif, preventif, serta penegakan hukum," ujar Yassin Kosasih usai dilantik sebagai Dirpolair Baharkam Polri, Jumat 8 Mei 2020.

Pihaknya juga akan meningkatkan kegiatan pelayanan publik dalam hal quick response SAR perairan dan kegiatan pengamanan HOT SPOT. “Kejahatan di atas perairan masih cukup banyak, karena itu sesuai arahan Kakorpolairud, kami akan memperkuat quick response SAR perairan dan kegiatan pengamanan HOT SPOT dalam upaya pencegahan pencurian di atas kapal pada area kapal berlabuh,” kata mantan Kasubdit Patroli Ditpolair ini.



Dikatakan laut dan perairan di Indonesia sangat luas sehingga memiliki potensi kerawanan tindak kejahatan. Sesuai instruksi Kapolri, Polair bertugas mencegah gangguan keamanan yang berpotensi merugikan negara. "Selain tindak pidana, kami juga bertugas melakukan pencarian serta penyelamatan bagi korban kecelakaan di wilayah perairan,” pungkas Yassin yang juga Alumni Program Pendidikan Reguler Lemhannas Angkatan 54 tahun 2016.

Selain bertugas sebagai anggota Polri, dia juga dikenal sangat dekat dengan dunia otomotif. Bahkan terakhir dirinya menjadi Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kepulauan Riau (2012-2016) serta Ketua Jangkar Biru MX Team. Sosok Dirpolair ini juga dikenal sebagai seorang pereli dan offroader yang mumpuni dengan segudang prestasi. Perstasinya sebagai pembalap bahkan dimulai sejak SMP sekitar tahun 1980 dengan mengikuti lomba balapan motor grass track dan motorcross di Bandung.

Dia pun menjuarai beberapa kejuaran tingkat nasional. Bahkan ketika memasuki usia 52 Tahun pun, Yassin masih berprestasi dalam ajang sprint rally open 2019 di Nganjuk, Jawa Timur dan Sirkuit Selopark 07 Juli 2019 dan telah juara nasional kelas M2 di Meikarta pada bulan Desember 2019.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top