Susunan Kepengurusan DPP Partai Demokrat 2020-2025 Kepemimpinan AHY

Kamis, 16 April 2020 - 04:38 WIB
loading...
Susunan Kepengurusan DPP Partai Demokrat 2020-2025 Kepemimpinan AHY
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara resmi mengumumkan susunan Kepengurusan DPP Partai Demokrat 2020-2025. Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara resmi mengumumkan susunan Kepengurusan DPP Partai Demokrat 2020-2025. Struktur kepengurusan itu terbentuk hasil dari rapat-rapat virtual dengan Tim Formatur yang diamanahkan Kongres V Partai Demokrat.

“Saya mendengar, menyimak dan mencatat masukan-masukan dari mereka sambil melakukan komunikasi intensif dengan Ketua Majelis Tinggi Partai, Bapak SBY. Sehingga pada 14 April 2020, saya telah rampungkan secara final, dan alhamdulillah langsung disetujui oleh seluruh Tim Formatur,” ujar AHY melalui video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Rabu (15/4/2020) malam.

AHY menuturkan tantangan Partai Demokrat ke depan tidak ringan. Dia mengakui Demokrat mengalami penurunan suara pada pemilu lalu. Hal itu akan dijadikan pelecut semangat sehingga bisa kembali memenangkan pemilu mendatang

Karena itu, Demokrat mengusung tema Harapan Rakyat, Perjuangan Demokrat untuk lima tahun ke depan. AHY menjelaksan makna dari slogan ini bahwa Demokrat harus membaca apa yang menjadi harapan rakyat, jangan hanya berdasarkan asumsi atau perasaan.

"Tapi harus berdasarkan data dan fakta yang objektif, apa persoalan sesusungguhnya terjadi di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, saya mengimbau agar Rumah-rumah Aspirasi Partai Demokrat di berbagai wilayah nusantara jangan hanya menjadi pajangan semata," terangnya.

Dia melanjutkan struktur organisasi DPP yang dibentuk mengacu pada prinsip profesional, efektif, efisien dan modern dalam menghadapi tantangan tugas itu. Secara garis besar, kepengurusan di pusat akan terdiri atas dua bagian. Pertama, Majelis Tinggi Partai beserta Dewan Pertimbangan Partai, Dewan Kehormatan Partai dan Mahkamah Partai. Kedua Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Sedangkan struktur DPP secara garis besar meliputi pengurus harian dan pengurus pleno,” kata putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Masih kata AHY, pengurus harian berjumlah 100 orang terdiri atas Eselon Pimpinan, Eselon Pembantu Pimpinan dan Eselon Pelaksana. Sementara Pengurus Pleno berjumlah 200 orang, yakni 100 orang pengurus harian ditambah 100 orang lainnya.

"Rata-rata usia pengurus pleno adalah 42 tahun, dengan rentang usia termuda 22 tahun dan usia tertua 60 tahun. Saya juga merekrut beberapa kader muda yang potensial, dari berbagai lulusan universitas terbaik," ucapnya.

Dalam perjalanannya, kepengurusan ini akan dievaluasi selama satu tahun ke depan. Selain itu, dalam lima tahun mendatang, tidak menutup kemungkinan dilakukan semacam penyegaran kepengurusan, untuk lebih baiknya jalan organisasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)