Ketua DPR: Bansos Kemensos Bantu Warga di Masa Pandemi

Minggu, 18 Oktober 2020 - 10:40 WIB
loading...
Ketua DPR: Bansos Kemensos Bantu Warga di Masa Pandemi
Mensos Juliari P Batubara bersama Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau pencairan bansos di Provinsi Bali, Jumat (16/10/2020). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Puan Maharani menegaskan, pemberian bantuan sosial (bansos) yang dilakukan Kementerian Sosial (Kemensos) menjadi salah satu upaya pemerintah dalam membantu warga dapat bertahan di masa pandemi Covid-19 (virus Corona) .

(Baca juga: Atlet Top Terjangkit Corona, dari Rossi hingga Ronaldo)

Hal itu disampaikan Puan saat meninjau penyaluran bantuan sosial di wilayah Provinsi Bali yang didampingi Menteri Sosial Juliari P Batubara dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

(Baca juga: Tolak UU Cipta Kerja, Ribuan Buruh Geruduk DPRD Jombang)

Bali adalah salah satu tempat yang sangat terdampak secara pariwisata. Karena penduduknya rata-rata bekerja dan menggantungkan pendapatan harian dari sektor pariwisata.

"Karena itu, perhatian pemerintah, perhatian DPR RI, salah satunya bagaimana agar dampak pandemi terhadap sektor pariwisata ini tidak berkelanjutan. Salah satunya dengan memberi bansos yang Bapak-Ibu terima sekarang," kata Puan, di hadapan warga penerima Bansos di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (16/10/2020).

Dalam kunjungan, rombongan meninjau dan mengamati langsung proses pencairan bantuan sosial di dua lokasi yaitu Desa Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, dan di e-Warong KUBE, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

"Saya hadir di sini bersama Mensos dalam rangka fungsi pengawasan dan sinergi antara DPR dengan pemerintah dalam rangka mengatasi pandemi Covid-19. Memang perlu gotong royong dari semua pihak. Tidak bisa satu persatu, tidak bisa satu orang, tidak bisa satu Lembaga saja. Namun, bagaimana gotong royong ini bisa dijalankan bersama-sama. Bantuan ini untuk seluruh Provinsi di Indonesia," ucap Puan.

Selanjutnya Puan mengatakan, kehadirannya dalam penyaluran bantuan sosial itu adalah dalam rangka pengawasan legislatif atas program perlindungan sosial yang telah diberikan pemerintah. Sekaligus memantau mekanisme penyaluran bantuan sosial kepada keluarga yang berhak menerima.

"Bantuan pemerintah ini kami pastikan diberikan langsung kepada warga tidak mampu untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya di masa pandemi Covid-19 seperti ini. Kami harap bantuan ini dapat dipergunakan untuk hal-hal bermanfaat," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4363 seconds (0.1#10.140)