Bincang dengan Dokter Reisa, Wapres Ma'ruf Amin Sebut Vaksin dan Imunisasi Ikhtiar Mencegah Penyakit

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 18:05 WIB
loading...
Bincang dengan Dokter Reisa, Wapres Maruf Amin Sebut Vaksin dan Imunisasi Ikhtiar Mencegah Penyakit
Wapres Maruf Amin saat dialog secara virtual dengan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro. Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan bahwa vaksin merupakan salah satu bagian dari pengobatan. Dalam hal ini pengobatan untuk mencegah terjadinya penyakit.

"Itu bentuk upaya, ikhtiar, mencegah terjadinya suatu penyakit. Jadi imunisasi juga bagian dari berobat. Berobat kan ada dua macam, ada yang kuratif, ada yang preventif. Kalau kuratif kan kalau sudah terjadi diobati. Kalau preventif kan sebelum terjadi," kata Ma'ruf Amin saat berbincang dengan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro dalam akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, Jumat (16/10/2020).

Wapres juga menyebutkan bahwa masalah pengobatan di dalam ajaran agama Islam memang ada perintahnya. Hal itu disebutkan di dalam hadits.

( ).

"Di dalam masalah pengobatan ini memang ada perintah. Hadistnya panjang, intinya begini,'berobatlah kamu, karena Allah tidak meletakkan penyakit kecuali ada obatnya'," ungkapnya.



"Jadi, setiap penyakit ada obatnya, cuma bisa ditemukan atau belum ditemukan saja. Kecuali, yang tidak ada obatnya itu penyakit pikun. Kalau orang pikun nggak bisa diobati itu ya. Tapi kalau yang namanya penyakit ada obatnya," tuturnya.

( ).

Ma'ruf juga menyebut bahwa usaha pencegahan pun ada dalilnya di dalam agama Islam. Setiap muslim diminta untuk bersiap di dalam lima hal sebelum datang lima hal.

"Apa saja? Bersiap pada waktu masa mudamu sebelum kamu tua. Jadi masih muda harus siap-siap menghadapi tua. Masa sehatmu sebelum kamu sakit. Ini kan preventif. Ada perintah agama supaya kita menjaga kesehatan. Lainnya, ya masa kaya sebelum miskin, masa luang sebelum sibuk, masa hidup sebelum mati," jelasnya.

Jadi, kata Ma'ruf, di masa sehat, kita harus gunakan untuk persiapkan, mencegah terjadinya sakit. "Jadi itu barangkali dalil imunisasi," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9307 seconds (0.1#10.140)