Presiden Jokowi Minta Menterinya Bekerja Lebih Baik Lagi Atasi Covid-19

Minggu, 04 Oktober 2020 - 05:32 WIB
loading...
Presiden Jokowi Minta Menterinya Bekerja Lebih Baik Lagi Atasi Covid-19
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar menteri-menterinya dapat bekerja lebih baik lagi dalam mencari program yang lebih tepat sasaran di tengah pandemi Covid-19.Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar menteri-menterinya dapat bekerja lebih baik lagi dalam mencari program yang lebih tepat sasaran di tengah pandemi Covid-19.

"Saya ingin menteri-menteri lebih baik lagi bekerja mencari program yang lebih tepat sasaran. Semua harus terus kita perbaiki,” kata Jokowi dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu (3/10/2020).

Kepala negara itu mengaku belum cukup puas terhadap upaya dan sejumlah program yang telah digulirkan selama pandemi ini. Dia meminta semua menterinya dapat bekerja keras lagi. “Masih banyak kerja keras yang perlu dikerjakan. Kita harus terus melakukan penyesuaian kebijakan, mencari yang lebih baik," tuturnya. (Baca juga: Terus Bertambah, 11.055 Orang Meninggal Akibat COVID-19)

Jokowi pun mengajak masyarakat untuk tidak ragu dalam memberikan usulan-usulan terhadap perbaikan kebijakan ke depan. Tak hanya itu, Jokowi telah memerintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk membuka keran masukan terhadap kebijakan penanganan Covid-19. Lebih lanjut Jokowi menekankan penanganan Covid-19 yang adaptif mengikuti perkembangan virus tersebut, dengan disertai penyesuaian terhadap karakteristik masyarakat.

"Misalnya, pembatasan sosial. Saya kira harus kita sesuaikan. Untuk itu, saya menekankan pentingnya Pembatasan Sosial Berskala Mikro. Kita buat lebih terarah, spesifik, tajam, dan fokus mengatasi masalah Covid tapi tidak membunuh ekonomi dan kehidupan masyarakat," ungkapnya. (Baca juga: 59 RS Rujukan COVID-19 di Jakarta, Wagub Pastikan Masyarakat Dapat Layanan Baik)

Menurut Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, solusi terbaik untuk menangani pandemi harus terus dikembangkan dan dicari. Disebabkan apa yang dianggap sebagai solusi terbaik yang sudah diterapkan di suatu negara belum tentu dapat diterapkan persis di negara-negara lain. "Jadi kita pun harus terus menyesuaikan diri mencari cara terbaik yang paling cocok dengan situasi kita," ucapnya. (Baca juga: Update Corona: Positif 299.506 Orang, 225.052 Sembuh dan 11.055 Meninggal)

Dalam video itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasinya kepada para dokter, tenaga medis, TNI, Polri, hingga ASN yang hingga kini masih terus berjuang bersama dalam membantu penanganan pandemi Covid-19. Sekaligus mengingatkan masyarakat akan pentingnya berdisiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Tidak kalah pentingnya adalah peran serta masyarakat untuk berubah. Menyesuaikan diri untuk menaati protokol kesehatan. Lakukan dengan disiplin 3M yakni, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Saya percaya, jika kita saling melindungi, saling membantu, dan saling megingatkan satu sama lain, kita akan mampu melalui masa sulit ini," tambahnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)