Papua Muda Inspiratif Gelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda Manokwari

loading...
Papua Muda Inspiratif Gelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda Manokwari
Papua Muda Inspiratif bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda di Kabupaten Manokwari. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pandemi Covid -19 menyebabkan lebih dari 50% pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia tidak dapat bertahan dalam beberapa bulan ke depan karena telah terjadi penurunan pendapatan secara tajam. Pasalnya, pandemi menyebabkan sejumlah sektor UMKM lumpuh termasuk di Papua Barat

Menyikapi persoalan tersebut, Papua Muda Inspiratif bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda di Kabupaten Manokwari. Pelatihan yang diselenggarakan di Mansinam Beach Hotel, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, pada 17-19 September 2020 ini juga bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari dan Dinas Perindagkop Kabupaten Manokwari. (Baca juga: KemenkopUKM Persiapkan Transformasi UMKM Pasca Pandemi)

Hadir dalam acara, Asisten II Bidang Perekonomian Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari, Harjanto Ombesa, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat serta Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Manokwari Rosita Watofa. (Baca juga: Kunci Sukses Pelaku UMKM, Ekosistem Ekonomi Digital Perlu Dibangun)

Papua Muda Inspiratif Gelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda Manokwari




Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM C.q. Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan yang diwakili Kepala Sub Bidang Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan, Triyanto menjelaskan, agar tidak terjadi gelombang kemiskinan dan juga pengangguran yang kian melebar, maka diperlukan upaya reaktivasi kegiatan ekonomi, sosial dan budaya, dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan. β€œHal itu penting dilakukan agar mata rantai virus Covid-19 bisa diputuskan, berbarengan dengan upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)”, lanjut Triyanto.

Sementara itu, Ketua Yayasan Papua Muda Inspiratif Rini Modouw berpendapat gaung suara para pemuda di Manokwari memberikan harapan baru tentang prospek Papua ke depan yang bersatu, bersinergi, dan mandiri. Semangat pemuda ini harus terus digerakkan secara cepat dan masif untuk mempercepat pembangunan SDM unggul dan pengembangan ekonomi masyarakat Papua terutama generasi muda Orang Asli Papua (OAP). β€œ60 peserta adalah cikal bakal 100 target PMI untuk menciptakan entrepreneur muda masa depan sekaligus meningkatkan ekonomi pemuda sebagai agen perubah dan penggerak ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Menurut dia, tujuan diadakannya pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas, kapasitas dan kompetensi SDM UMKM agar lebih inovatif dan bisa bersaing dengan dunia global khususnya menghadapi masa new normal ini. Sebanyak 60 peserta hadir dalam pelatihan, mereka merupakan pengusaha mikro asli Papua, berusia 20 hingga 40 tahun.
(cip)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top