BPIP Bekerjasama dengan Lintas Kementerian untuk Bumikan Pancasila

Jum'at, 11 September 2020 - 15:14 WIB
loading...
BPIP Bekerjasama dengan Lintas Kementerian untuk Bumikan Pancasila
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila akan bekerja sama dengan Kemenko Perekonomian, Kementerian Perindustrian, dan kampus-kampus.
A A A
JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila akan bekerja sama dengan Kemenko Perekonomian, Kementerian Perindustrian, dan kampus-kampus. Fakultas Ekonomi se-Indonesia akan diundang untuk diberikan presentasi oleh dosen-dosen atau guru-guru besar.

Selain itu melibatkan tokoh-tokoh agama untuk merumuskan pembumian Pancasila. Mereka yang hadir selain dari pemerintah, yaitu direktur perguruan tinggi keagamaan yang terdiri dari Hindu, Buddha, Konghucu, dan sebagainya.

"Dan ada yang mewakili masyarakat, yaitu, cendekiawan-cendekiawan independen. Jadi ilmuwan-ilmuwan lintas agama itu hadir. Nah inilah yang kita harapkan bagaimana membangun suatu harmoni antara agama dan negara, itu justru dari tokoh-tokoh beragama, bukan kami, kami hanya memfasilitasi," ujar Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi, Jumat (11/9/2020)

"Kita memang terjebak pada kategorisasi teoritik. Bahwa negara itu ada dua, kalau bukan negara sekuler, pasti negara agama. Padahal kita di Indonesia ini bukan keduanya. Kita bukan negara sekuler, karena kita punya karakteristik religius. Kita bukan juga negara agama yang hanya mengakui agama tertentu. Jadi kita ini negara, yang memposisikan agama sebagai basis etik dan moral dalam penyelenggaraan negara,"

Basis etik yang diinstitusionalisasi, atau lembagakan dalam penyelenggaraan negara, maka diundangkalah tokoh agama, berbagai akademisi lintas agama untuk merumuskan hal ini.

"Berdasarkan rencana kami, setelah ini akan ada agenda yang akan dirancang juga oleh para tokoh agama yang kita harapkan akan berujung pada agenda Presiden."

BPIP juga akan melibatkan perguruan tinggi yang berada bawah naungan Kemendikbud. BPIP sudah membuat MoU menyangkut penyusunan materi-materi standard setiap tingkat pendidikan formal, mulai dari PAUD sampai Perguruan Tinggi, itu baik negeri maupun swasta karena ada koordinasi dengan perguruan tinggi Kemendikbud.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)