Sosialisasikan Program Polri tentang Corona, Korlantas Gandeng Youtuber

Rabu, 09 September 2020 - 17:02 WIB
loading...
Sosialisasikan Program Polri tentang Corona, Korlantas Gandeng Youtuber
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istioni bersama Kapolri Jend Pol Idham Azis saat Launching Bansos Polri. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menggandeng Youtuber dalam mensosialisasikan program-program Polantas khususnya di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Diharapkan hal ini mampu memberikan pencerahan dan pemahaman tentang perlunya masyarakat turut andil dalam mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas).

(Baca juga: Program Keselamatan 2020 Korlantas Polri Resmi Ditutup)

"Hal terpenting memperingati Hari Lalu Lintas ke 65 ditengah keprihatinan kita bersama adanya pandemi Covid-19 ini adalah mensosialisasikan program-program Polantas, serta melakukan bakti sosial dan bakti masker. Untuk itu, kami akan melibatkan beberapa Youtuber dari berbagai daerah untuk terlibat dalam kegiatan ini," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono, Rabu (9/9/2020).

(Baca juga: Tagar #KorlantasAntisipasiLibur, Bentuk Apresiasi untuk Polri)

Hal ini juga sesuai dengan surat telegram yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/2607/IX/OPS.2./2020 itu diterbitkan pada 7 September 2020 poin keempat yaitu Melakukan kembali sosialisasi penerapan protokol kesehatan secara masif dengan melibatkan influencer, youtuber, artis, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lain-lain yang membumi (diterima/didengar oleh masyarakat sekitar) dengan menggunakan pendekatan secara formal maupun informal.

Menurut Istiono, cara ini sangat efektif khususnya untuk menjangkau kalangan millenial. "Sebagai contoh, misal kita berkolaborasi dengan Raffi Ahmad, dia memiliki 16,5 juta subscriber atau langganan dengan follower atau pengikut Instragram 42,4 juta. Sinergitas kolaborasi seperti ini akan mampu menyasar generasi muda maupun kalangan masyarakat yang aktif bersosial media melalui youtube," katanya.

Menurut Istiono, Kepolisian tidak boleh ketinggalan zaman, harus selalu kreatif agar penanaman program-program Polantas semakin membumi. Oleh karena itu pentingnya berkolaborasi bersama para Youtuber dengan harapan bisa semakin meramaikan dunia media sosial dengan konten bermanfaat.

Apa lagi, katanya, saat ini ada peningkatan 25 juta jumlah pengguna internet di Indonesia dari tahun 2019 ke tahun 2020, yakni menjadi 175,4 juta pengguna internet. Sebanyak 160 juta di antaranya aktif di media sosial, seperti youtube, instagram, twitter, maupun facebook.

"Langkah kreatif ini diharapkan agar Polantas bisa tetap lebih dekat dengan masyarakat. Mengingat saat ini masyarakat Indonesia, khususnya generasi millenial lebih senang menyaksikan video dibandingkan membaca," kata Istiono.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)