Dokter yang Tidak Tangani Pasien Corona Juga Akan Diberikan APD

Senin, 06 April 2020 - 16:32 WIB
Dokter yang Tidak Tangani Pasien Corona Juga Akan Diberikan APD
Dokter yang Tidak Tangani Pasien Corona Juga Akan Diberikan APD
A A A
JAKARTA - Pemerintah menegaskan bahwa alat pelindung diri (APD) diprioritaskan untuk semua dokter tanpa terkecuali. Dokter yang melayani pasien non-corona juga akan mendapatkan APD.

"Pengadaan APD menjadi sangat prioritas. Bukan hanya kepada para dokter yang berada di garis depan untuk melayani pasien Covid, tetapi semua dokter," kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Senin (6/4/2020).

Doni mengatakan, dokter yang tidak menangani pasien corona juga berpotensi tertular. Pasalnya, pasien non-corona bisa menjadi pembawa virus. "Karena ternyata pasien yang diperiksa bukan Covid pun bisa jadi sebagai carrier, sebagai pembawa virus. Walaupun sudah beberapa kali diingatkan melalui IDI untuk waspada, untuk waspada," ungkapnya. (Baca Juga: Update Corona 6 April 2020: Positif 2.491 Orang, 209 Meninggal, 192 Sembuh).

Maka dari itu, dia meminta agar proses distribusi APD harus terkontrol. Tidak saja bagi rumah sakit penanganan corona, tapi juga yang lainnya. "Termasuk juga rumah sakit-rumah sakit yang selama ini tidak melakukan kegiatan terhadap Covid, tetapi ternyata dokter-dokternya ada yang terpapar bahkan sampai meninggal dunia. Termasuk juga para dokter gigi dan juga dokter-dokter sepert THT."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7424 seconds (0.1#10.140)