Perang Melawan Corona, Indonesia Butuh 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat

Kamis, 26 Maret 2020 - 17:18 WIB
Perang Melawan Corona, Indonesia Butuh 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat
Perang Melawan Corona, Indonesia Butuh 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat
A A A
JAKARTA - Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID-19) Andre Rahadian kembali mengajak semua pihak menjadi relawan COVID-19.

"Kami dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid ini, sekali lagi memanggil, mengajak para relawan untuk menjadi bagian dari pejuang kemanusiaan," ujarnya dalam Konferensi Pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Andre mengatakan, penerimaan relawan bisa langsung melalui alamat website BNPB. "Pada hari ini sudah membuat microsite di website BNPB untuk bisa menerima pendaftaran para relawan sekalian," kata Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) ini.

Saat ini, kata Andre, Indonesia membutuhkan sekitar 1.500 dokter, terutama dokter spesialis paru, dokter spesialis anestesi dan juga dokter umum, pranata Lab, sekitar 2.500 perawat, dan juga bagian administrasi rumah sakit, sampai ke sopir ambulans. "Ini semua kita terima dan kita panggil sebagai relawan untuk persiapan kita menghadapi pandemik ini," ujarnya.
Perang Melawan Corona, Indonesia Butuh 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat

Gugus Tugas, tambah Andre, bekerja sama dengan banyak asosiasi LSM, perguruan tinggi, bersama-sama mengajak semua elemen untuk bergabung menjadi relawan. "Para dokter dan perawat serta administrasi rumah sakit, farmasi akan berada di gugus depan menangani pasien menangani rumah sakit," tambahnya.

"Sedangkan teman-teman mahasiswa, mahasiswa tingkat akhir akan menjadi lapis kedua sebagai bagian dari pencegahan. Teman-teman mahasiswa akan membantu konsultasi psikologis maupun medis yang akan dilakukan melalui platform online," jelas Andre. (Baca Juga: Cegah Perluasan COVID-19, Pemerintah Perlu Batasi Migrasi Warga).

Pekan ini semua akan diluncurkan, "Hari ini sudah diluncurkan di website. Dan mungkin besok akan masif dilakukan pendaftaran dengan banyak pihak yang juga sudah dan mengajak relawan masing-masing. Mudah-mudahan bisa diintegrasikan dengan kita," kata Andre.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6461 seconds (0.1#10.140)