Ini yang Harus Diperhatikan untuk Cegah Corona di Bidang Transportasi

Rabu, 18 Maret 2020 - 13:01 WIB
Ini yang Harus Diperhatikan untuk Cegah Corona di Bidang Transportasi
Ini yang Harus Diperhatikan untuk Cegah Corona di Bidang Transportasi
A A A
JAKARTA - Pengamat Transportasi dari Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno menyarankan, guna mencegah penyebaran virus corona di Indonesia, khususnya di sektor transportasi bisa dilakukan dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat.

"Khusus di transportasi publik, saat dalam kondisi tak sehat, jangan mengemudikan kendaraan dan segera periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan. Lalu, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," ujarnya pada SINDOnews, Rabu (18/3/2020).

(Baca juga: Pemerintah Tambah 227 Rumah Sakit untuk Tangani Pasien Corona)

Menurutnya, penyedia moda transportasi pun wajib melakukan pembersihan menggunakan desinfektan pada alat transportasinya, terutama setelah mengangkut penumpang yang mengalami demam, batuk atau flu.

Lalu, setiap petugas atau teknisi transportasi apapun harus selalu dilakukan pengecekan kesehatan dan suhu tubuh, minimal dua kali sehari, baik sebelum dan sesudah mengemudi atau bertugas.

"Saat mengangkut penumpang dengan gejalan mirip flu, disarankan penumpang mengenakan masker. Jika penumpang tidak memiliki masker, berikanlah masker pada penumpang," tuturnya.

Dia menerangkan, simpul transportasi, seperti bandara, pelabuhan, stasiun, terminal, dan halte harus menjadi perhatian lantaran simpul transportasi menjadi salah satu tempat berkumpulnya warga untuk aktivitas bertransportasi. Terutama terminal penumpang bus dan halte bus harus dalam kondisi bersih.

Maka itu, papar pria yang juga sebagai Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, pemerintah, baik pusat maupun daerah dapat menginstruksikan pada penyelenggara transportasi untuk benar-benar menjaga kebersihan pada alat transportasi ataupun di lingkungan tempat transportasi itu disediakan.

"Publik pengguna jasa transportasi umum harus mendapatkan pencerahan berkesehatan dalam transportasi umum. Lalu, tempat transportasi seperti terminal dan bandara harus dilengkapi dengan fasilitas layanan kesehatan," jelasnya.

Adapun Indonesia, tambahnya, bisa meniru Vietnam dalam menangkal virus Corona, khususnya di sektor transportasi, yakni dengan membangun Mobile Decontamination Chamber (MDC) yang diterapkan di tempat-tempat umum, seperti stasiun, terminal, mall, perkantoran. Setiap yang keluar masuk wajib distersilisasi di MDC.

"Kesehatan menjadi aspek yang perlu ditambahkan selain kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam penyelenggaraan transportasi," katanya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5490 seconds (0.1#10.140)