Masih Misteri, Pemerintah Pastikan Keluarga Pasien 27 Negatif Corona

Rabu, 11 Maret 2020 - 17:49 WIB
Masih Misteri, Pemerintah Pastikan Keluarga Pasien 27 Negatif Corona
Masih Misteri, Pemerintah Pastikan Keluarga Pasien 27 Negatif Corona
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, penelusuruan kontak dekat terhadap pasien nomor 27 masih terus dilakukan. Namun dapat dipastikan, keluarganya negatif corona.

"Kontak dekatnya, keluarga dan sebagainya sudah kita pastikan dan beberapa kali kita periksa negatif," kata Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

(Baca juga: Pasien Corona Meningkat, Pemerintah Diminta Tingkatkan Kewaspadaan)

Seperti diketahui pemerintah menduga bahwa pasien 27 ini merupakan pasien dengan penularan lokal. Pasalnya pasien ini tidak termasuk klaster pasien positif corona lainnya. Selain itu tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Ini adalah tantangan bagi tim penyelidikan untuk mencari tracingnya. Ini artinya belum diketemukan keterkaiatan langsung dengan kasus positif yang sudah didapatkan. Masih kita cari," ungkapnya.

Dia mengayakan bahwa corona ini berbasis pada pergerakan orang. Sehingga dia menekankan tidak akan menyebut nama daerah masing-masing pasien. Termasuk pasien nomor 27.

"Saya katakan bahwa penyakit ini faktornya orang, bukan daerah. Sehingga tidak memiliki terkait daerah. Misal rumah saya di Bogor tapi sehari-sehari saya tidak di Bogor. Saya bisa bergerak kemana-mana artinya bukan daerah yang jadi ukuran," tuturnya.

Lebih lanjut Yuri mengatakan bahwa memang ada beberapa kendala dalam melakukan tracing atau penulusuran terhadap kontak dekat pasien positif corona. Salah satunya adalah pasien corona seringkali lupa kegiatannya selama 14 hari.

"Sering kali pasien yang sudah jelas-jelas positif tidak mampu mengingat dengan baik dalam 14 hari terakhir. Ketemu siapa,dan dimana. Ini yang menjadi tantangan kita," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5066 seconds (0.1#10.140)