Regenerasi, Ini Deretan Politikus yang Berpotensi Bersinar di 2024

Kamis, 20 Februari 2020 - 16:38 WIB
Regenerasi, Ini Deretan Politikus yang Berpotensi Bersinar di 2024
Regenerasi, Ini Deretan Politikus yang Berpotensi Bersinar di 2024
A A A
JAKARTA - Ada salah satu pernyataan menarik diucapkan Megawati Soekarnoputri saat pengumuman calon kepala daerah yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu 19 Februari 2020.

Menurut Megawati, perubahan politik akan terjadi pada 2024. Generasi tua akan "menepi" digantikan oleh anak-anak muda. Dia menyebut 2024 sebagai regenerasi politik.

Pernyataan putri Bung Karno itu bukan tanpa dasar. Dilihat dari aspek usia, politikus senior seperti Megawati Soekarnoputeri, Prabowo Subianto, Susilo Bambang Yudhoyono yang selama ini berpengaruh dalam perpolitikan Tanah Air tentu sudah tidak "seluwes" saat ini pada 2024 nanti.

Begitu juga dengan Joko Widodo yang masa jabatan periode keduanya berakhir pada 2024 nanti. ( Baca Juga: Jokowi Beri Sinyal Sandiaga Uno Bisa Menang di Pilpres 2024)

2. Puan Maharani

Di usianya yang ke-46 tahun, Puan Maharani memiliki karier politik yang kinclong. Di periode pertama Jokowi, putri Megawati Soekarnoputri duduk sebagai Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Sesuai diprediksi banyak pengamat, pada kepemimpinan Jokowi periode kedua, PDIP memplotnya sebagai Ketua DPR. Puan adalah perempuan pertama di Indonesia yang menduduki jabatan tersebut.

3. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Sebagai putra presiden dua periode, tidak sulit bagi Agus Harimurti Yudhoyono untuk memperkenalkan dirinya. Kegagalannya menjadi calon gubernur DKI Jakarta tidak membuatnya kapok berpolitik.

Mantan tentara ini justru terlihat semakin bersemangat untuk mendekati masyarakat, baik dengan kader Partai Demokrat maupun masyarakat umum.

Kariernya sebagai politikus terus menanjak. Bahkan saat ini dirinya menjabat Wakil Ketua Umum Partai Demokrat. Bukan tidak mungkin kursi ketua umum yang kini diduduki ayahya akan berpindah kepadanya.

Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat Syarif Hasan pada Rabu (20/2/2020) tidak menampik AHY akan diproyeksikan menjadi capres 2024. (Baca Juga: Syarif Hasan Akui AHY-Ibas Diproyeksikan untuk Pilpres 2024).

4. Erick Thohir

Sebelum terjun ke politik pada Pilpres 2019, Erick Thohir dikenal sebagai pengusaha sukses. Namanya juga dikebal di luar negeri yang beberapa kali menjadi pemilik klub sepak bola dunia.

Tidak hanya piawai di dunia bisnis, Erick juga membawa kesuksesan bagi Jokowi-Ma'ru di Pul. Sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick berhasil menjadi motor kekuatan politik pendukung Jokowi-Ma'ruf.

Namanya semakin menarik perhatian publik setelah menjabat Menteri BUMN. Dia membuat gebrakan dengan melakukan "bersih-bersih" direksi BUMN.

Dalam survei 100 hari kinerja Kabinet versi Indonesia Political Opinion, Erick Thohir mendapatkan skor besar sebagai menteri yang paling disukai. (Baca Juga: Survei 100 Hari Kabinet: Kemlu Terbaik, Erick Thohir Paling Disukai)

5. Gibran Rakabuming


Setelah sebelumnya dikenal sebagai pengusaha, nama Gibran Rakabuming sejak beberapa bulan belakangan ini menjadi pembicaraan di dunia politik Tanah Air.

Selain sosoknya sebagai putra Presiden, Gibran bukan tidak mungkin akan mengikuti jejak politik sang ayah. Saat ini dia dinilai sebagai calon terkuat wali kota Solo. (Baca Juga: PDIP Akui Elektabilitas Gibran Rakabuming Tunjukkan Tren Meningkat)

Sejumlah partai politik sudah menyatakan mendukungnya, termasuk Gerindra, partai yang dipimpin Prabowo Subianto. Ada yang berpendapat jika Gibran berhasil meraih kursi wali kota Solo dan kinerjanya baik, bukan tidak mungkin akan digadang melaju di Pilpres 2024.

6. Anies Baswedan

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa Anies Baswedan memiliki kans paling besar maju di Pilpres 2024. Posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta dinilai menjadi jembatan untuk melangkah menjadi presiden.

Nama Anies selalu masuk dalam survei tentang capres. Oleh karena itu, tidak heran jika kinerja Anies selalu menjadi sorotan publik, khususnya para netizen yang pada Pilgub DKI Jakarta lalu menjadi pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Baca Juga: Capres Potensial 2024, Wajar Anies Diserang Bertubi-tubi)



7. Ridwan Kamil


Keberhasilannya memimpin Kota Bandung selama dua periode telah membawanya ke kursi Gubernur Jawa Barat.

Sosok kreatif yang aktif di media sosial ini juga kerap masuk dalam hasil survei capres 2024, salah satunya survei yang dilakukan lembaga survei Denny JA pada 2019 lalu.

Kendati demikian, sosok ini selalu enggan untuk memberikan komentar mengenai peluangnya di Pilpres 2024. (Baca Juga: Disebut Bakal Jadi Capres Masa Depan, Ini Jawaban Santai Ridwan Kamil)

8. Ganjar Pranowo


Sama seperti Anies Baswedan dan Ridwan Kamil, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masuk dalam dalam hasil survei sejumlah lembaga terkait sosok berpotensial menjadi capres 2024.

Bahkan penilaian kader PDIP ini layak maju menjadi capres 2024 sudah muncul. Salah satunya pernah disampaikan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. Alasannya adalah faktor usia, pengalaman dan kematangan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6742 seconds (0.1#10.140)