Cegah Corona, Pemerintah Gunakan Thermalscanner di Seluruh TPI

Kamis, 30 Januari 2020 - 16:13 WIB
Cegah Corona, Pemerintah Gunakan Thermalscanner di Seluruh TPI
Cegah Corona, Pemerintah Gunakan Thermalscanner di Seluruh TPI
A A A
JAKARTA - Dalam rangka mencegah penyebaran Novel coronavirus (2019-nCoV) di Indonesia, pemerintah akan mendeteksi suhu tubuh dengan menggunakan teknologi thermalscanner terhadap seluruh penumpang yang tiba dari luar negeri di seluruh Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI).

Total terdapat 201 TPI, yang terdiri dari TPI Pelabuhan Laut 93 tempat, Bandar Udara 34 tempat, Pos lintas Batas Negara sejumlah 8 tempat, di 39 Pos Lintas Batas Darat, dan 27 Pos Lintas Batas Perairan.

"Memaksimalkan pendeteksi suhu tubuh terhadap seluruh penumpang yang tiba di Indonesia," ujar Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Cucu Koswala, saat menjadi salah satu pembicara dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Antisipasi Penyebaran Corona" di Ruang Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Menurut dia, saat ini potensi penyebaran virus corona tak hanya berasal dari penumpang asal Tiongkok. Sebab, sudah banyak negara yang terindikasi terkena infeksi virus corona di berbagai belahan dunia termasuk Asia dan Eropa.

"Karenanya diwajibkan pula seluruh pegawai menggunakan masker untuk mengantisipasi setiap penumpang yang datang ke Indonesia melalui TPI," katanya.

Berdasarkan data dari Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, jumlah warga negara Tiongkok yang paling banyak menggunakan visa bebas kunjungan yang mencapai 1.786.101 orang, visa kunjungan sebanyak 92.206 orang, visa Kunjungan Saat Kedatangan 30 Hari sebanyak 70.405, Visa Tinggal Terbatas 44.906 dan Multiple Entry (Merp) 35.707 orang.

Warga negara China paling banyak mengunjungi DKI Jakarta sebanyak 6.179 orang, Banten sebanyak 4.416 orang, Sulawesi Tengah 3.400 orang, Jawa Barat 2963 orang, dan Maluku Utara 2.889 orang.

Turut hadir sebagai narasumber pada FMB9 kali ini adalah Direktur Keamanan Penerbangan Ditjen Hubungan Udara, Kementerian Perhubungan Mohammad Alwi, Deputi Bidang Peningkatan Kesehatan Kementerian Koordinator PMK Agus Suprapto, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono, dan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. (Baca Juga: Panglima TNI Benarkan Opsi Penyewaan Lion Air untuk Evakuasi WNI di Wuhan).

Kegiatan FMB 9 juga bisa disaksikan secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5339 seconds (0.1#10.140)