Dampingi Gladi Bersih Pelantikan, Letkol Devy Kristiono Calon Ajudan Gibran?

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 20:45 WIB
loading...
Dampingi Gladi Bersih...
Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka didampingi Letkol Inf Devy Kristiono. Foto/Instagram Yusuf Isla
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka menghadiri kegiatan gladi bersih pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029 di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Sabtu (19/10/2024). Dalam kegiatan tersebut, Gibran terlihat ditemani oleh salah satu anggota TNI Angkatan Darat (AD) yang diketahui bernama Letkol Inf Devy Kristiono.

Letkol Inf Devy Kristiono tercatat pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0735/Solo, Komandan Kodim 0734/Yogyakarta, serta Kabagdiklat Pusdiklatpasus Kopassus.

Terpisah, Kepala Pusat Penerangan TNI AD Brigjen Wahyu Yudhayana menjelaskan bahwa Letkol Devy memang menjadi perwakilan TNI AD yang ikut seleksi sebagai ajudan dari wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

Dampingi Gladi Bersih Pelantikan, Letkol Devy Kristiono Calon Ajudan Gibran?






"Jadi memang yang bersangkutan ikut seleksi. Semua kan diseleksi calon ajudan presiden dan calon ajudan wakil presiden itu diseleksi baik dari (matra) darat, laut, udara, diseleksi," kata Wahyu saat dikonfirmasi, Sabtu (19/10/2024).

Wahyu menuturkan, proses seleksi calon ajudan presiden dan wakil presiden terpilih dimulai dari tiap matra dan kepolisian. Nantinya para matra dan Polri mengirimkan dua calon terbaiknya untuk diseleksi lagi oleh Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres).

“Yang menyeleksi Setmilpres. Jadi kan setiap matra itu diminta mengirim untuk seleksi ajudan presiden dari Matra Darat 2, Matra Laut 2, dan (Matra) Udara 2. Untuk ajudan Wakil Presiden juga sama,” ujar dia.

“Nah nanti diseleksi oleh Setmilpres. Nanti Setmilpres akan memutuskan siapa yang lolos seleksi, masing-masing matra 1 dari darat, laut, dan udara,” sambung dia.

Saat ditanya apakah Lektol Devy terpilih sebagai ajudan Gibran Rakabuming Raka, ia enggan membeberkan. Wahyu mengatakan pihaknya masih menunggu surat resmi dari Setmilpres.

"Pokoknya, betul dia (Letkol Inf Devy Kristiono) ikut seleksi. Kita menunggu surat dari Setmilpres untuk siapa hasilnya,” pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0827 seconds (0.1#10.140)