GMKI Apresiasi Sikap Prabowo Merespons Aspirasi Hakim Indonesia

Selasa, 08 Oktober 2024 - 21:14 WIB
loading...
GMKI Apresiasi Sikap...
Ketua Umum GMKI Jefri Gultom mengapresiasi sikap presiden terpilih Prabowo Subianto dalam merespons aspirasi para hakim. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia ( GMKI ) menyampaikan apresiasi kepada presiden terpilih Prabowo Subianto dalam merespons aspirasi Gerakan Solidaritas Hakim Indonesia (SHI). Komitmen Prabowo berbicara dengan perwakilan hakim saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama pimpinan DPR menjadi bukti nyata kepeduliannya terhadap penguatan lembaga yudikatif.

"Langkah tegas Bapak Prabowo mendengarkan langsung aspirasi hakim merupakan sinyal positif bahwa kesejahteraan penegak hukum akan menjadi prioritas penting di bawah pemerintahannya," kata Ketua Umum GMKI Jefri Gultom, Selasa (8/10/2024).

Dalam percakapannya, Prabowo menegaskan isu kesejahteraan hakim sudah lama menjadi perhatiannya dan ia berjanji akan memprioritaskan penyesuaian gaji serta tunjangan bagi para hakim segera setelah dilantik sebagai Presiden. Komitmen ini memberi harapan baru bagi reformasi sektor peradilan yang selama ini dinantikan oleh para penegak hukum di Indonesia.



"Pernyataan Bapak Prabowo tentang pentingnya kesejahteraan hakim adalah landasan kuat untuk perbaikan sistem peradilan di Indonesia. Tanpa jaminan kesejahteraan yang layak, independensi peradilan sulit dicapai," ujarnya.

GMKI menyambut baik janji Prabowo untuk memperhatikan kesejahteraan hakim yang selama lebih dari satu dekade belum mengalami peningkatan signifikan. Peningkatan ini sangat penting mengingat peran krusial para hakim dalam menegakkan keadilan di masyarakat. GMKI juga mengapresiasi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang memfasilitasi dialog langsung antara Prabowo dan para hakim.



"Kami berterima kasih kepada Bapak Sufmi Dasco Ahmad atas perannya dalam membuka jalur dialog langsung ini. Ini adalah contoh sinergi yang baik antara eksekutif dan legislatif dalam menyelesaikan masalah kesejahteraan hakim," lanjut Jefri.

Menjelang pelantikan, GMKI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung langkah-langkah konkret yang diambil oleh presiden terpilih dalam memperkuat institusi peradilan di Indonesia. GMKI juga mendorong agar reformasi yudikatif tidak hanya berfokus pada kesejahteraan, tetapi juga pada peningkatan integritas, transparansi, dan profesionalisme di seluruh sektor peradilan.

"Kami mendukung sepenuhnya komitmen Presiden Terpilih untuk memperkuat sistem hukum. Kesejahteraan hakim harus menjadi prioritas utama demi memastikan keadilan ditegakkan secara optimal, serta untuk menjaga independensi peradilan dari segala bentuk intervensi," tutup Jefri.

(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)