Jokowi Tegaskan Penyusunan Kabinet Hak Prerogatif Presiden

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 14:10 WIB
loading...
Jokowi Tegaskan Penyusunan...
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin saat menghadiri puncak acara HUT ke-79 TNI di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). FOTO/SINDOnews/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) enggan menanggapi kabinet pemerintahan Prabowo Subianto -Gibran Rakabuming Raka. Menurut Jokowi, penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

"Mengenai kabinet itu hak, seratus hak, prerogatif presiden," kata Jokowi usai menghadiri puncak acara HUT ke-79 TNI di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Sementara itu, politikus Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria menegaskan Prabowo Subianto melibatkan Gibran dalam penyusunan kabinet. Pernyataan Ariza merespons spekulasi tidak adanya peran Gibran dalam proses pembentukan kabinet. Dalam beberapa waktu terakhir, Gibran jarang terlihat di publik, sementara Prabowo kerap menerima kunjungan tokoh di kediamannya terkait penyusunan kabinet.



"Ya tentunya Pak Prabowo dalam menyusun kabinet pasti melibatkan, tentu bersama-sama dengan Wakil Presiden Terpilih Mas Gibran," kata Riza Patria dikutip, Sabtu (5/9/2024).

Tidak hanya Gibran sebagai Wapres Terpilih, kata Ariza, Prabowo juga mengajak seluruh pimpinan partai politik koalisinya dalam membahas formasi kabinet tersebut.

Soal siapa saja yang akan masuk ke dalam kabinet pemerintahan Prabowo, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tak mengetahui. Dia meminta untuk bersabar menunggu pengumuman yang akan disampaikan Prabowo secara langsung.

"Kita tunggu saja nanti ya. Itu menjadi prerogatif daripada Pak Prabowo sebagai Presiden Terpilih," ujarnya.

Menurut Ariza, siapa pun nanti yang ditunjuk masuk ke dalam kabinet, mereka adalah orang profesional dan terbaik yang dapat menjalankan amanah yang diberikan nanti.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)