Gerindra Tegaskan Prabowo Libatkan Gibran dalam Pembentukan Kabinet

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 07:57 WIB
loading...
Gerindra Tegaskan Prabowo...
Partai Gerindra yakin Prabowo Subianto melibatkan Gibran Rakabuming Raka dalam pembentukan kabinet. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sosok-sosok calon menteri semakin menjadi perhatian publik menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024. Prabowo beberapa kali menerima kunjungan sejumlah tokoh-tokoh di kediamannya, sementara Gibran jarang muncul di hadapan publik, beberapa waktu terakhir.

Hal tersebut menimbulkan berbagai spekulasi tentang peran Gibran dalam proses pembentukan kabinet zaken yang diimpikan Prabowo. Menanggapi hal tersebut politikus Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria menegaskan Prabowo Subianto melibatkan Gibran dalam menentukan formasi kabinet pemerintahannya.

"Ya tentunya Pak Prabowo dalam menyusun kabinet pasti melibatkan, tentu bersama-sama dengan Wakil Presiden Terpilih Mas Gibran," kata Riza Patria dikutip, Sabtu (5/4/2024).



Tidak hanya Gibran sebagai Wapres Terpilih, kata Ariza, Prabowo juga mengajak seluruh pimpinan partai politik koalisinya dalam membahas formasi kabinet tersebut.

Soal siapa saja yang akan masuk ke dalam kabinet pemerintahan Prabowo, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tak mengetahui. Dia meminta untuk bersabar menunggu pengumuman yang akan disampaikan Prabowo secara langsung.

"Kita tunggu saja nanti ya. Itu menjadi prerogatif daripada Pak Prabowo sebagai Presiden Terpilih," ujarnya.

Menurut Ariza, siapa pun nanti yang ditunjuk masuk ke dalam kabinet, mereka adalah orang profesional dan terbaik yang dapat menjalankan amanah yang diberikan nanti.



"Dan membawa program-program yang sudah dikampanyekan selama 5 tahun ke depan," katanya.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, penyusunan kabinet Prabowo-Gibran ditargetkan rampung sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

"Presiden terpilih punya target kemungkinan H-5 sudah selesai (susun kabinet pemerintahan)," ujar Dasco di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Wakil Ketua DPR itu menyampaikan dari informasi yang diterima, pembahasan mengenai kabinet masih sangat dinamis. Terutama, soal nama-nama sejumlah tokoh yang diusulkan partai politik pengusung untuk menjadi menteri.

"Nama-nama terutama dari parpol yang proporsinya tidak terlalu lebih besar dari yang profesional, nah ini kemudian ada yang masuk, ada yang tarik sehingga mungkin fix final kabinet itu agak lama ya," kata Dasco.

Karena itu, dia meminta semua pihak bersabar untuk menunggu kepastian resminya soal postur kabinet. Pasalnya, hal ini juga merupakan hak prerogatif Prabowo sebagai Presiden terpilih. "Seperti apa nanti postur kabinetnya, nanti kita lihat pada waktunya nanti," ucapnya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)