Haedar Nashir dan Abdul Mu'ti Layak Masuk Kabinet Prabowo-Gibran

Rabu, 25 September 2024 - 15:00 WIB
loading...
Haedar Nashir dan Abdul...
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti seusai Media Gathering PP Muhammadiyah di Auditorium Lantai 6 Masjid At-Tanwir Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (22/6/2023). Foto/SINDOnews/Dzikry Subhanie
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai ada dua tokoh Muhammadiyah yang layak menjadi menteri di Kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dua tokoh tersebut adalah Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti.

“Biasanya kalau kita bicara soal menteri kalangan Muhammadiyah, nama yang didukung Muhammadiyah kelihatannya Pak Abdul Mu'ti,” kata Ujang kepada SINDOnews, Rabu (25/9/2024).

Ujang pun berpendapat, Muhammadiyah sangat layak dan mumpuni mengelola bidang pendidikan. “Kalau ditanya siapa tokoh lain ya Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir,” ungkapnya.





Dia menilai Haedar Nashir juga sangat kompeten memimpin Kementerian Pendidikan. “Kalau pilihannya satu ya kelihatannya Pak Ketua Umum akan mendelegasikan akan mendorong Abdul Mu'ti menjadi menteri di Kabinet Prabowo-Gibran,” pungkasnya.

Diketahui, Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto ingin membuat kabinet zaken. Nantinya, figur yang duduk di kabinet tersebut merupakan profesional yang ahli dalam bidang tertentu meski diusulkan dari partai politik.



"Pak Prabowo ingin ini adalah sebuah pemerintahan zaken kabinet. Di mana yang duduk adalah orang-orang yang ahli di bidangnya, meskipun yang bersangkutan berasal atau diusulkan dari partai politik," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024).



Nah, sebulan jelang pelantikan Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, nama-nama calon menteri mulai beredar. Berdasar kabar yang beredar, ada beberapa nama tokoh yang berpeluang mengisi posisi menteri Kabinet Prabowo-Gibran. Mereka ada yang dari luar kabinet, ada pula yang saat ini menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju.

Berikut ini beberapa nama calon menteri Kabinet Prabowo-Gibran:
1. Abdul Mu'ti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah (Calon Menteri Urusan Haji/Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah)
2. Sugiono, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra/Wakil Ketua Komisi I DPR (Calon Menteri Luar Negeri)
3. Rosan P Roeslani, Menteri Investasi/Kepala BKPM Kabinet Indonesia Maju (Calon Menteri BUMN)
4. Thomas Djiwandono, Wakil Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Maju (Calon Menteri Keuangan)

Selain keempat nama tersebut di atas, sejumlah ketua umum partai politik yang kini menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju juga diperkirakan akan dipertahankan Prabowo. Mereka adalah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN), Menteri ESDM Bahlil Lahadalia (Ketua Umum Partai Golkar), dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (Ketua Umum Partai Demokrat).
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)