Hari Tani Nasional 2024, Fadli Zon: HKTI Optimistis Prabowo Bakal Sejahterakan Petani

Selasa, 24 September 2024 - 22:05 WIB
loading...
Hari Tani Nasional 2024,...
Ketua Umum DPN HKTI Fadli Zon mengatakan, HKTI optimistis presiden terpilih Prabowo Subianto bakal sejahterakan petani. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI ) optimistis presiden terpilih Prabowo Subianto bakal meningkatkan kesejahteraan para petani. Sebab Prabowo dianggap sebagai Presiden yang memiliki jiwa petani dan menjiwai pertanian.

“Ini jadi yang membahagiakan petani dan pertanian Indonesia. Menjadi modal dan semangat kuat bagi pertanian nasional,” ujar Ketua Umum DPN HKTI Fadli Zon pada peringatan Hari Tani Nasional (HTN) 2024, Selasa (24/9/2024).

Menurut Fadlizon, Prabowo adalah Ketua Dewan Pembina HKTI yang juga mantan Ketua Umum DPN HKTI dua periode yakni 2004-2010 dan 2010-2015. Saat ini, bangsa Indonesia memiliki seorang presiden yang merupakan kader tani.



“Kita berharap, dengan dipimpin kader HKTI, pertanian kita ke depan bisa lebih maju dan petani kita jadi lebih sejahtera,” ujar Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini.

HKTI memandang kesejahteraan petani di Pemerintahan Prabowo akan semakin diperjuangkan. Kunci ketersediaan pangan adalah kesejahteraan petani. Jika petani tak sejahtera, mereka akan pindah ke profesi lain dan mengubah lahan pertaniannya menjadi lahan non-pertanian. Ketika itu terjadi, maka masa depan pangan Indonesia akan terancam.



Fadli Zon menyebut, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, HKTI telah memberikan masukan kepada Presiden terpilih mengenai sejumlah isu krusial. Pertama, soal produktivitas. Setidaknya ada tiga persoalan terkait produktivitas yang perlu dibenahi, yaitu soal lahan, benih dan pupuk.

”Kami melihat bahwa agenda reforma agraria harus dilakukan lebih masif dan sistematis, karena angka kepemilikan lahan petani kita sangat kecil. Benih yang menjadi faktor terbesar dari kesuksesan usaha tani harus tersedia dan dijamin unggul. Begitu juga ketersediaan pupuk harus dijamin sesuai kebutuhan, dosis dan tepat waktu,” katanya.

Kedua, soal subsidi dan pemberian insentif bagi petani. HKTI sejak lama telah menyampaikan petani harus diberi insentif, terutama terkait harga output. HKTI mengusulkan agar Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabah tiap tahun harus direvisi dan menjamin petani untung. HKTI telah menyampaikan usulan kepada presiden terpilih agar HPP harus menjamin 30% keuntungan bagi petani.

”Selain ini, masih terkait soal insentif, HKTI juga menilai kebijakan harga dasar dan harga tertinggi untuk gabah perlu diefektifkan. Kebijakan tersebut harus berlaku untuk semua jenis usaha perberasan, baik swasta maupun BUMN. Harus ada sanksi bagi pelaku usaha yang membeli di bawah harga dasar. Tujuannya adalah melindungi para petani produsen, khususnya pada saat panen, agar harga produk mereka tak jatuh,” katanya.

Ketiga, soal pentingnya pemerintah memprioritaskan petani dan produk pertanian dalam negeri. Pemerintahan Prabowo-Gibran akan meluncurkan program makan bergizi gratis untuk anak-anak sekolah. HKTI berpandangan program tersebut selain untuk peningkatan gizi bagi anak-anak, juga harus dimaksudkan menyerap produk petani dan pertanian domestik, mulai dari beras, sayur, susu, daging, ikan, dan sejenisnya. Program yang baik ini harus berjalan beriringan dengan program perbaikan produktivitas pertanian Indonesia.

“Kami melihat, program makan siang gratis bisa menjadi big push yang akan mendorong gerbong petani, peternak, pekebun dan pelaku usaha kecil kita. Program ini harus menggerakkan ekonomi rakyat, sebagaimana selama ini identik dengan kampanye Pak Prabowo,” ucapnya.

Fadli Zon menambahkan, HKTI sangat berkeyakinan kehidupan petani di bawah Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto akan semakin sejahtera. Begitu juga pertanian Indonesia akan semakin maju.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0891 seconds (0.1#10.140)