JK Sarankan Prabowo Pilih Menteri dari Kalangan Profesional

Selasa, 10 September 2024 - 09:19 WIB
loading...
JK Sarankan Prabowo...
Wapres ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) menyarankan Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto memilih menteri dari kalangan profesional. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) menyarankan Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto memilih menteri dari kalangan profesional. Jika menteri yang ditunjuk tidak menguasai bidang yang ditangani, maka akan merugikan bagi bangsa Indonesia.

"Ya memilih profesional, baik profesional dari partai dan profesional dari pada yang independen," kata JK saat ditemui di kediamannya, Jalan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024) malam.

Menurutnya, menteri harus menguasai bidangnya. Pasalnya, JK menilai akan dapat menimbulkan rugi yang besar bila menteri tak ahli dalam bidangnya.



"Ya semuanya harus menguasai bidangnya. Jangan terjadi nanti menteri tidak menguasai bidangnya, wah sangat merugikan," tandas JK.

Sebelumnya, sejumlah partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah menyetor nama untuk menjadi menteri di kabinet Prabowo Subianto. Hal itu diungkapkan oleh sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

"Di antara partai koalisi sudah mulai mengajukan nama, dan mengajukan beberapa portofolio di kementerian," kata Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2024).

Selain itu, kata Muzani, sejumlah tokoh juga mulai dijaring untuk mengisi kabinet Prabowo. "Terus di antara tokoh-tokoh juga sudah mulai disebut dan sudah mulai dilakukan penjaringan dan penyaringan, pemilahan dan pemilihan," ucapnya.



Kendati demikian, Muzani menegaskan, nama yang disetorkan itu masih bersifat wacana. Ia meminta agar menunggu keputusan Prabowo untuk mengumumkan kursi kabinet.

"Tapi itu semua sifatnya masih wacana dan tunggu saja presiden terpilih dalam hal ini pak prabowo dan wakil presiden terpilih dalam hal ini mas gibran akan terus melakukan diskusi tentang postur pemerintahan kabinet yang akan datang," ucap Muzani.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)