Momen Paus Fransiskus Cium Tangan ke Imam Besar Masjid Istiqlal

Kamis, 05 September 2024 - 18:57 WIB
loading...
Momen Paus Fransiskus...
Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia, Paus Fransiskus memegang erat dan mencium tangan Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar di Kompleks Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (5/9/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia dan Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus memegang erat dan mencium tangan Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar . Momen itu terjadi saat Paus berfoto dengan tokoh lintas agama di Kompleks Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Kedatangan Paus Fransiskus untuk berdiskusi sekaligus melakukan 'Deklarasi Bersama Istiqlal' dengan sejumlah tokoh agama lainnya. Paus mengatakan, Deklarasi Bersama yang disiapkan di dalamnya berisi tanggung jawab menghadapi krisis serius dan terkadang dramatis yang mengancam masa depan umat manusia. Khususnya perang dan konflik, yang juga dipicu oleh eksploitasi agama, krisis lingkungan, yang telah menjadi hambatan bagi pertumbuhan dan kehidupan bersama masyarakat.

"Menghadapi skenario ini, penting untuk memajukan dan memperkuat nilai-nilai yang sama bagi semua tradisi agama, membantu masyarakat untuk "mengalahkan budaya kekerasan dan ketidakpedulian" (Deklarasi Bersama Istiqlal) dan untuk memajukan rekonsiliasi dan perdamaian," kata Paus.



Usai melakukan Deklarasi Bersama, sejumlah tokoh lintas agama melakukan foto bersama di depan Masjid Istiqlal. Saat Imam Besar Nasaruddin Umar menjabat tangan Paus Fransiskus, tiba-tiba Nasaruddin mencium kening pemimpin gereja katolik dunia itu.

Lalu, ciuman kening tersebut lantas dibalas oleh Paus Fransiskus dengan ciuman tangan Imam Besar Nasaruddin Umar. Tampak sejumlah orang mengabadikan momen langka tersebut.

Kemudian, Paus meninggalkan Masjid Istiqlal untuk kembali melanjutkan aktivitas ke Gedung KWI, Jakarta dan Misa Kudus di GBK pada sore hari.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)