Daftar KSAD Jebolan Akmil 1990-an, Kini Dijabat Maruli Simanjuntak

Kamis, 05 September 2024 - 06:56 WIB
loading...
Daftar KSAD Jebolan...
Panglima TNI Agus Subiyanto (kanan) melakukan salam komando bersama KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (kiri). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Daftar Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) jebolan Akademi Militer (Akmil) 1990-an diulas dalam artikel ini. Kini, KSAD dijabat oleh Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

KSAD merupakan pejabat tertinggi di lingkungan TNI AD dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI. Berdasarkan Pasal 16 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI, Kepala Staf Angkatan memiliki tugas dan kewajiban sebagaimana dikutip dari laman resmi TNI.

Pertama, memimpin angkatan dalam pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional angkatan. Kedua, membantu Panglima dalam menyusun kebijakan tentang pengembangan postur, doktrin, dan strategi serta operasi militer sesuai dengan matra masing-masing.

Ketiga, membantu Panglima dalam penggunaan komponen pertahanan negara sesuai dengan kebutuhan angkatan. Keempat, melaksanakan tugas lain sesuai dengan matra masing-masing yang diberikan oleh Panglima TNI.

Nah, tercatat jebolan Akmil 1990-an menjabat KSAD. Salah satunya, kini telah menjabat Panglima TNI. Siapa saja?

1. Jenderal TNI Agus Subiyanto

Daftar KSAD Jebolan Akmil 1990-an, Kini Dijabat Maruli Simanjuntak

Foto/Dok SINDOnews

Jebolan Akmil 1991 ini pernah menjabat KSAD hanya 27 hari. Agus dilantik sebagai KSAD oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Agus dilantik menggantikan pendahulunya Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang tengah memasuki masa pensiun. Pelantikan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 89/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Kemudian, Presiden Jokowi melantik dan mengambil sumpah jabatan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 22 November 2023. Pelantikannya berlandaskan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 102/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada 22 November 2023. Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun saat itu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0825 seconds (0.1#10.140)