Bentangkan Bendera Raksasa, Massa Desak Jokowi Lantik Firli Cs

Jum'at, 20 September 2019 - 01:09 WIB
Bentangkan Bendera Raksasa, Massa Desak Jokowi Lantik Firli Cs
Bentangkan Bendera Raksasa, Massa Desak Jokowi Lantik Firli Cs
A A A
JAKARTA - Ratusan orang dari berbagai kelompok berjalan kaki mulai dari bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha hingga ke depan Istana Merdeka, Kamis (19/9/2019). Mereka berbaris sambil membentangkan bendera Merah Putih berukuran raksasa.

Mereka adalah massa yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Demokrasi (MPD) yang tengah menggelar aksi damai. Mereka mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera melantik pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru terpilih.

"Kami‎ Srikandi Milenial bagian dari MPD datang ke Istana minta Presiden Jokowi segera melantik pimpinan KPK yang baru, supaya mereka bisa segera bekerja," teriak perwakilan Srikandi Milenial dari atas mobil komando.

Sementara itu, Koordinator Aksi, Yulius Carlos‎ mengatakan sudah sepatutnya Presiden Jokowi segera melantik pimpinan KPK periode 2019-2023. Pasalnya, sejumlah pimpinan dan oknum pegawai KPK saat ini terus menggiring opini negatif di masyarakat, khususnya terkait dengan proses pemilihan pimpinan KPK baru oleh Pansel Capim KPK hingga proses revisi UU KPK oleh pemerintah dan DPR.

"Pernyataan yang disampaikan para oknum pimpinan KPK terkait pengembalian mandat kepada Presiden adalah bentuk penghianatan atas jabatan dan amanah yang telah diberikan masyarakat," kata Yulius.

Menurutnya, jika Presiden tidak segera melantik Firli Bahuri dan kawan-kawan, maka bakal terjadi kekosongan pada unsur pimpinan. "Pimpinan KPK saat ini, Agus Rahardjo Cs sudah tidak memiliki legitimasi hukum karena telah menyerahkan mandat kepada presiden," tandasnya.

MPD juga mendesak Saut Situmorang dan pegawai KPK yang telah menyatakan mundur segera meninggalkan gedung KPK. "Terakhir, kami mengapresiasi DPR dan pemerintah karena telah merevisi UU KPK," terangnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5733 seconds (0.1#10.140)