Cak Adung Mundur dari Pencalonan Ketua Umum PKB

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 11:44 WIB
loading...
Cak Adung Mundur dari...
Sekjen GP Ansor Periode 2015-2024, Abdul Rochman (Cak Adung) memutuskan mundur dari pencalonan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Muktamar VI PKB di Bali. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekjen Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Periode 2015-2024, Abdul Rochman (Cak Adung) memutuskan mundur dari pencalonan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Muktamar VI PKB di Bali. Alasannya, dia diminta fokus menuntaskan tugasnya sebagai Koordinator Staf Khusus Menteri Agama (Menag).

"Jelang muktamar yang tinggal hitungan jam ini terus terang dinamikanya begitu kencang. Di sisi lain ada tugas utama di Kementerian Agama yang juga membutuhkan konsentrasi tinggi. Setelah berdiskusi cukup intens, Gus Men (Menag Yaqut Cholil Qoumas) akhirnya meminta saya untuk mengutamakan tugas-tugas di pemerintahan," kata Cak Adung dalam keterangan yang diterima, Jumat (23/8/2024).

"Maka dengan alasan yang lebih kuat itulah, saya sebagai santri sepenuhnya takdzim atas arahan Gus Men dan memutuskan untuk menarik diri dari pencalonan sebagai ketua umum PKB. Bagi saya Gus Men ini adalah kiai, pimpinan saya, sekaligus ulil amri," ujarnya.



Adung mengakui keputusan mundur ini mengejutkan banyak pihak, termasuk para kiai dan ratusan pengurus cabang yang sudah mendukungnya. Adung berharap, meski dia batal maju, Muktamar PKB benar-benar berjalan demokratis dan menghasilkan pemimpin yang memiliki komitmen tinggi terhadap kemajuan partai.

Atas keputusannya ini, Adung juga segera menyampaikan arahan kepada para pendukungnya, termasuk mendorong agar menempatkan muktamar sebagai forum evaluatif yang kritis untuk mengembalikan PKB sebagai partai yang reformis, terbuka dan modern.

"Saya dengan kerendahan hati mohon maaf atas keputusan ini. Saya yakin perubahan dan kemajuan di PKB akan segera terwujud dengan kesadaran dan komitmen bersama para kader. Saya yakin ini keputusan terbaik," katanya.

(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)