Prabowo Ingin Upacara HUT RI Tahun Depan di IKN Lagi

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 19:04 WIB
loading...
Prabowo Ingin Upacara...
Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan akan menggelar HUT RI tahun depan di IKN. Foto/SINDOnews/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Presiden terpilih Prabowo Subianto menyebut bakal melaksanakan kembali Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun depan.

"Insyaallah akan di sini lagi," kata Prabowo di halaman Istana Negara, Sabtu (17/8/2024).

Terkait pelaksanaan di dua tempat yaitu Istana Merdeka Jakarta dan IKN, Prabowo belum bisa membeberkannya. Namun, dirinya menekankan upacara tahun depan akan kembali dilangsungkan di IKN. "Ya kita lihat nanti, tapi intinya upacara di sini (IKN)" kata Prabowo.



Perlu diketahui, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dilaksanakan di halaman Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN).

Upacara yang juga diikuti secara hybrid dari halaman Istana Merdeka, Jakarta, berjalan dengan khidmat dan lancar. Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara, memimpin langsung jalannya upacara. Presiden tampak didampingi oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.



Peringatan HUT ke-79 RI tahun ini mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju," yang menggambarkan momen pembuka bagi tiga transisi besar Indonesia yakni, penyambutan ibu kota baru, pergantian pemimpin, serta menyongsong Indonesia Emas 2045.

Kolonel Inf. Nur Wahyudi, yang saat ini menjabat sebagai Komandan Satuan (Dansat) 81 Kopassus, bertindak sebagai komandan upacara. Prosesi dimulai dengan laporan dari komandan upacara dan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali di kawasan IKN, yang diiringi dengan bunyi sirene panjang sebagai penanda dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Setelah itu, Ketua DPR Puan Maharani membacakan naskah proklamasi yang 79 tahun lalu dikumandangkan oleh Proklamator Soekarno, menandai kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. Usai pembacaan naskah proklamasi, Presiden Jokowi memimpin peserta upacara baik di IKN maupun di Jakarta untuk mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Livenia Evelyn Kurniawan, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Kalimantan Timur selanjutnya membawa bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan. Adapun Paskibraka lainnya yang bertugas mengibarkan bendera yakni Akmal Faiz Ali Khadafi sebagai pembentang bendera, Try Adyaksa S. sebagai pengerek bendera, dan Fifandra Ardiansyah Daud sebagai Komandan Kelompok 8.

Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibraka yang tergabung dalam Tim Nusantara Baru tersebut. Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di halaman Istana Negara, IKN.

Setelah pengibaran bendera, komandan upacara melaporkan kepada inspektur upacara sebagai tanda berakhirnya Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan persembahan sejumlah lagu oleh paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara di Istana Merdeka, Jakarta, serta tarian tradisional dari Kalimantan Timur yang meramaikan suasana di halaman Istana Negara, IKN.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)